Peringatan 25 tahun, Monster Jadi Penyelamat Kebangkrutan Ducati

Tahun ini ditandai sebagai tahun peringatan anniversary Ducati Monster yang ke-25, motor yang merupakan sebuah revolusi dari motor yang tergolong kategori “Naked bike”. Dan tak diduga, ternyata Ducati Monster inilah yang menyelamatkan perusahaan Ducati dari kebangkrutan. 

Pada awal tahun 90-an, Ducati Tehnical Director, Massimo Bordi menyakinkan bahwa perusahaan Ducati mengijinkan untuk memproduksi motor baru yang berbeda dengan motor-motor lainnya. 

Ide dari Mossimo ini adalah menciptakan sebuah motor sebagai peringatan dari motor heritage ducati sendiri, yang mana motor tersebut harus mudah dikendarai oleh siapapun dan berbeda dengan motor-motor sport lainnya. Dan setelah diproduksi, ide dari Mosimo ini justru ini memberikan keuntungan yang besar bagi Ducati dan menjadi motor yang best seller sepanjang waktu hingga di jaman modern ini. 

Massimo membuat proposal dari ide yang dimilikinya dan mempercayakan desainer bawahannya yaitu Miguel Galluzzi untuk mewujudkan ide yang ada dibenak Massimo dengan filosofi sebagai berikut “All you need is a saddle, tank, engine, two wheels and handlebars”. 

Akhirnya Miguel Galluzzi mewujudkan inspirasi tersebut dari sebuah motor tua dan referensi pada motor yang dikendarai oleh Marlon Brando dalam sebuah film berjudul Wild One. Dia memulai dengan membuat sketsa dari dari nol. Agar bisa mengurangi waktu penetelitian maka Galluzzi menggunakan beberapa part yang sudah ada untuk membangun motor Ducati Monster ini. 

Hal tersebut sama seperti yang dilakukan oleh Dr. Frankenstein yang membuat komponen handlebar yang terjangkau harganya, model tralis dari Ducati monster ini terinspirasi dari Ducati 888 Superbike.

Ducati Monster ini dipasarkan pada tahun 1993 dan diharapkan menjadi motor favorit. Dari tahun 1993 hingga tahun 2000 penjualan menjadi meningkat lebih dari 40 persen dan akhirnya menjadi motor pujaan semua orang. Selama 25 tahun ini sudah terjual sebanyak 300.000 unit. 

Comments
Shares