Peringati Kemerdekaan RI, ION Ikut Upacara Bendera dan Napak Tilas Perundingan Linggarjati

Sejak pagi buta, para pecinta Suzuki Inazuma 250 yang tergabung dalam keluarga besar Inazuma Owner Network [ION] sudah menapakkan ban motor mereka di kawasan Kuningan, Jawa Barat. Tujuan utama mereka adalah Museum Gedung Perundingan Linggarjati.

Di lokasi bersejarah itu, perwakilan ION Chapter Yogyakarta, Cirebon dan Perwakilan Provinsi lain mengikuti upacara pengibaran bendera di hari kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2016.

Dipilihnya Kuningan sebagai lokasi untuk ikut dalam upacara pengibaran bendera karena Perundingan Linggarjati merupakan salah satu simpul dari perjalanan panjang sejarah Kemerdekaan Bangsa Indonesia dan saksi bisu dari perjalanan sejarah tersebut.

Perundingan Linggarjati sendiri memegang peranan dalam sejarah Kemerdekaan Bangsa Indonesia, yang saat ini banyak generasi muda tidak memahami secara persis sejarah perundingan tersebut.

Seperti kata The Founding Father, Soekarno, bangsa yang besar adalah bangsa yang tak melupakan sejarah bangsanya sendiri, dan ION pun ingin jadi bagian dari bagian sebuah bangsa yang besar sebagai generasi yang tak melupakan sejarah bangsa sendiri.

Tengah : Bro Prapto, Ketua ION Chapter Yogyakarta
Tengah : Bro Prapto, Ketua ION Chapter Yogyakarta

Karena itu, ION Chapter Yogyakarta memandang perlu untuk kembali mengingatkan sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia kepada anggota ION khususnya bagi ION Chapter Yogyakarta.

“Kami yakin, dalam Gedung Perjanjian Linggarjati tersimpan seluruh kenangan dan catatan-catatan penting perjalanan proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia. Dengan melihat langsung bukti sejarah yang tersimpan dalam Gedung Perjanjian Linggarjati, kami berharap dapat membawa kami seakan-akan berada dalam masa dimana Perrundingan Linggarjati diselenggarakan, dan hasil dari perundingan tersebut merupakan simpul penting dari sejarah Kemerdekaan Bangsa Indonesia,” papar ketua ION chapter Yogyakarta, Prapto, penggagas kegiatan tersebut.

Sebelum keliling Museum, narsis dulu bareng tim paskibra
Sebelum keliling Museum, narsis dulu bareng tim paskibra

“Dengan hadir, melihat, membaca dan berkomunikasi dengan pengelola Gedung Perundingan Linggarjati kami berharap dapat menambah pemahaman kami sebagai generasi muda terhadap Perundingan Linggarjati, dan selanjutnya akan menumbuhkan kecintaan kami akan kemerdekaan itu sendiri,” tutupnya.

Selain memperingati hari kemerdekaan dan napak tilas perjuangan para pahlawan, ION pun ingin mengembangkan citra positif komunitas pemotor yang tergabung dalam ION Chapter Yogyakarta dan Chapter provinsi lain, bahwa komunitas pemotor merupakan kumpulan orang-orang yang memiliki hobi menjelajah Tanah Air dalam rangka menumbuhkan kecintaan terhadap Tanah Air, dan bukanlah sekedar hobi berhura-hura.

ION Upacara Bendera 6
Bikers juga anak negeri, jadi wajib memperingati Kemerdekaan RI
ION Upacara Bendera 2
Yess.. Saya paling ganteng diantara mereka
ION Upacara Bendera 3
Duhh, kok perut saya dijadikan penopang siku sih, Dek?
Comments
Shares