Thursday, January 28, 2021

Pernah Jatuh Terduduk dan Tulang Ekor Sakit? Waspada Sob!

Sobat Zonbie pernah mengalami jatuh terduduk yang mengakibatkan tulang ekor berasa sakit? Waspadai Sob, rasa sakit pada tulang ekor akibat jatuh terduduk bisa saja jadi masalah serius loh.

Sebagian orang pernah mengalami jatuh terduduk yang menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada tulang ekor. Ada banyak penyebab yang bisa membuat seseorang mengalami jatuh terduduk, antara lain karena terpeleset atau akibat kecelakaan lalu lintas.

Coccyx atau tulang ekor terletak pada ujung bawah tulang punggung. Salah satu fungsi penting tulang ekor adalah mendukung dan menjaga kestabilan seseorang dalam posisi duduk. Oleh karena itu, jangan anggap sepele cedera pada tulang ekor.

Saat Sobat Zonbie terjatuh dalam posisi terduduk, tulang ekor bisa saja mengalami retak, bergeser, atau memar. Selain jatuh, benturan keras secara langsung ke tulang ekor, persalinan, dan infeksi juga bisa mencederai tulang ekor.

Mengutip dari situs alodokter.com yang menjelaskan, nyeri pada tulang ekor bisa berlangsung dalam jangka waktu yang berbeda-beda, mulai dari sebentar hingga bisa lebih dari dua bulan. Saat tulang ekor mengalami cedera, biasanya rasa sakit muncul ketika akan duduk, sedang duduk, berdiri, atau berjalan.

  • Nyeri pada tulang ekor juga bisa disertai gejala-gejala lain, seperti:
  • Memar atau bengkak pada area tulang ekor atau punggung bagian bawah.
  • Nyeri pada bokong yang menyebar hingga ke paha dan kaki.
  • Nyeri pada punggung bagian bawah.
  • Nyeri saat buang air besar, mengangkat barang, membungkuk, atau saat berhubungan seks.

Cara Merawat Cedera pada Tulang Ekor

Latest Update