Perpanjang Masa Berlaku SIM Jangan Buru-buru, Masa Dispensasi Masih Lama

Layanan Spesial

Bagi Sobat Zonbie yang mau perpanjang masa berlaku SIM, ada baiknya sedikit lebih bersabar dan jangan terburu-buru.

Sejak dimulai beroperasinya kembali perpanjangan masa berlaku SIM (Surat Izin Mengemudi), antrean terlihat di sejumlah layanan Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) SIM.

Antrean terlihat memanjang, termasuk salah satunya layanan SIM Keliling yang berada di Masjid At-Tin Taman Mini. Masyarakat dihimbau tidak perlu terburu-buru memperpanjang masa SIM (Surat Ijin Mengemudi) yang habis masa berlakunya.

Loading...


Pasalnya, Polri memberikan dispensasi untuk SIM yang habis masa berlakunya selama pandemi COVID-19 hingga 29 Juni 2020. Hal ini dilakukan guna menghindari terjadinya kerumunan masyarakat di Satpas SIM.

“Sampai dengan 29 Juni itu dispensasinya diperpanjang, jadi artinya masyarakat tidak perlu khawatir dan tidak perlu buru-buru (menghindari antrean membeludak),” ungkap Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Lalu Hedwin Hanggara.

Kompol Lalu Hedwin Hanggara juga menerangkan, kantor pelayanan SIM juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini dilakukan guna kemungkinan terjadinya penyebaran COVID-19 saat masyarakat ingin membuat atau memperpanjang SIM.

Loading...


“Tentu kita antisipasi, bila antrean dinilai sudah banyak yang berkerumun langsung kita batasi dan tutup. Makanya masyarakat juga jangan terburu-buru ya, karena dispensasi sampai bulan depan,” jelasnya.

Untuk jadwal operasional, ia menerangkan berbeda dengan sebelum pandemi COVID-19. Di wilayah Jadetabek Satpas SIM hanya melayani selama 5 jam pada Senin sampai Jumat dan 4 jam pada Sabtu.

Penutupan lebih awal bisa saja dilakukan jika jumlah pemohon di dalam gedung sudah membahayakan protokol kesehatan.

Loading...


“Tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan pembatasan jam operasional. Kalau Senin sampai Jumat jam 8 sampai 13 siang, Sabtu jam 8 sampai 12 siang,” terangnya.

Untuk masa dispensasi, Hedwin menyatakan ada kemungkinan untuk diperpanjang. Hal ini mempertimbangkan situasi dan perkembangan kasus penyebaran virus corona, khususnya di Jakarta dan sekitarnya.

“Nanti dievaluasi lagi. Misalnya situasi masih harus diperpanjang dispensasi, itu pun kita menunggu kebijakan dari Korlantas, Nanti korlantas akan menilai misalnya bulan Juli sepertinya perlu dispensasi lagi ya tidak menutup kemungkinan,” tandasnya.

Loading...