Monday, January 18, 2021

Piaggio Zip, Dulu Dicaci Kini Dicari

Ngomongin Piaggio, mungkin banyak dari Sobat Zonbie yang langsung berpikir tentang Vespa. Nggak salah memang, karena varian tersebut memang legendaris. Tapi, di tahun 2010-an, sempat ada skutik mungil berjuluk Piaggio Zip yang saat itu jadi entry level keluarga skutik Piaggio.

Saat lisensi Piaggio masih dipegang Sun Motor, Zip yang awalnya diproduksi di Cina, lalu berpindah ke Vietnam harganya terbilang terjangkau, yakni Rp 18 juta.

Kemudian, saat PT Piaggio Indonesia beroperasi, harganya makin turun, yakni Rp 12 jutaan, atau nyaris setara skutik entry level Jepang seperti Yamaha Mio dan Honda BeAT.

Tapi, alih-alih bakal sukses karena harganya yang terjangkau, Zip malah kurang dilirik karena konsumen malah lebih menggemari saudaranya, Vespa yang sejak diproduksi di Vietnam, harganya makin terjangkau.

Apalagi, bodinya yang mungil dan mesinnya yang cuma 4-tak 96 cc berpendingin udara dirasa kurang pas dengan kebutuhan di Indonesia.

Tapi sekarang, lupakan cerita kelam Zip itu. Karena ternyata Zip makin digemari. Seperti lewat hadirnya komunitas Baret Biru Zip Scooterhood sebagai wadah penggemar Piaggio Zip.

Selain itu, banyak juga penggemar modifikasi yang mengincar Zip sebagai bahannya. Seperti dilakukan Joddy dari JDM Project yang berlokasi di Jl. Raya Jatiwaringin No.1a, RT.2/RW.13, Cipinang Melayu, Makasar, Kota Jakarta Timur.

Latest Update