Pilih Aki Kering atau Aki Basah?

Aki adalah produk yang penting di kendaraan. Semua kelistrikan berasal dari aki sehingga kendaraan dapat beroperasi dengan baik. Fungsi aki sangatlah penting, jadi jangan diabaikan. Kadang pemilik kendaraan tidak merawat aki, akibatnya fatal. Padahal perawatannya sangatlah mudah, tinggal isi air aki saja.

Tetapi saat ini ada aki kering. Aki kering ini sangatlah praktis tak harus isi air aki. Lantas apa keunggulan aki kering dan aki basah?

Ditemui oleh Zonabikers, penjual aki yang berada di wilayah Desa Putra, Jakarta Selatan, menuturkan ada perbedaan antara aki basah dan aki kering. Keduanya mempunyai keunggulan yang berbeda.

Aki Basah
Aki basah bagiannya transparan sehingga bisa dilihat batas pengisian. Menggunakan aki basah mengharuskan Anda harus sering mengecek dan mengisi air. Karena aki basah bisa menguap akibat panas dari sel sel baterai ketika kondisi pengisian dan suhu disekitar baterai. Aki basah lebih cocok digunakan pada iklim tropis seperti di Indonesia.

Aki Kering
Aki kering tidak menggunakan cairan elektronik. Tetapi hanya menggunakan semacam gel, penguapan dari gel aki kering sangat minim sehingga kualitasnya jarang sekali berkurang dari level normal. Kalau berkurang, biasanya setelah waktu yang lama sekitar 1 sampai 1,5 tahun.

Aki kering memiliki kelebihan yaitu tidak perlu mengecek dan mengisi air. Aki kering cocok bagi pengendara yang malas mengisi air aki yang berkurang. Dari harga aki kering, lebih mahal dibandingkan dengan aki basah. Nah, Anda pilih yang mana, aki basah atau kering?

Comments
Shares