Pilihan Upgrade Rem Cakram 220 mm OEM Untuk Honda Vario

Salah satu cara bikin rem Honda Vario makin pakem ya dengan memperbesar diameter cakramnya Sob. Kalau ukuran aslinya 190 mm, bisa diperbesar dengan 220 mm.

Tapi kalau nggak pengin produk aksesoris, ternyata ada sederet pilihan cakram OEM alias standar pabrik berdiameter 220 mm yang bisa dipilih.

Diantaranya cakram standar Honda Blade atau Revo FI, yang dijual sekitar Rp 130 ribuan. Atau bisa juga pilih cakram milik Yamaha XRide lawas yang dilepas Rp 230 ribuan.

Atau kalau mau bergaya, bisa pakai cakram Yamaha Exciter alias kembaran Jupiter MX asal Vietnam yang sudah model floating two pieces. Harganya memang paling tinggi nih, sampai Rp 400 ribuan.

Yang jelas, semua cakram tersebut dapat dipasang secara plug and play ke pelek bawaan Vario. Kecuali Vario 150 2018 yang memakai cakram berlubang baut lima.

“Cukup ganti braket kalipernya agar posisi kaliper nggak mentok,” papar Denta Adji, penggemar modifikasi Vario asal Bambu Apus, Jakarta Timur ini. Kalu braket custom ini sih bisa bikin di tukang bubut, atau beli jadi lewat toko-toko online atau aksesoris Sob.

Comments
Shares