Plat Nomor Kendaraan

Plat Nomor Kendaraan Ganti Warna Tahun Ini

Wacana perubahan warna latar plat nomor kendaraan yang semula berwarna hitam menjadi putih, kembali hangat menjadi perbincangan banyak orang.

Pergantian warna plat nomor kendaraan tersebut mengemuka seiring dengan, rencana penerapan sistem tilang elektronik di seluruh Indonesia.

Saat ini, nampaknya wacana penggantian warna plat tersebut sudah mulai dikaji dan ditargetkan akan mulai diterapkan pada 2019.

“Kalau lancar 2019 itu baru terealisasi, tetapi bertahap tidak serentak semua warna hitam dipindahkan menjadi putih,” kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Royke Lumowa, dikutip dari laman kompas.com.

Saat ini sendiri sistem tilang elektronik memang masih terbatas hanya berlaku untuk beberapa wilayah kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Semarang dan Bandung.

Baca juga : Pelat Nomor Kendaraan Berganti Warna, Ini Kata Rifat Sungkar

Nantinya, pergantian ini akan berlangsung secara bertahap. Di mana untuk motor baru akan langsung mendapat plat putih, sementara untuk kendaraan lawas yang telah memakai plat hitam nantinya bisa mendapatkan plat putih ketika pergantian plat setiap 5 tahun sekali.

Comments
Shares