Quartararo dan Dovizioso Selamat Dari Crash Berkat Fitur Airbag Alpinestar Tech-Air

Alpinestar Tech-Air

Pada pertandingan balap MotoGP yang digelar di sirkuit Silverstone, Inggris (25/8) lalu. Pebalap Petronas SRT Yamaha, Fabio Quartararo dan pebalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso mengalami crash. Usut punya usut, keduanya selamat berkat kecanggihan airbag Alpinestar Tech-Air yang digunakan keduanya.

Pada saat putaran pertama seri Inggris tersebut, M1 Quartararo tergelincir pada tikungan pertama dan mengalami highside. Saat Quartararo tergelincir, Dovizioso kesulitan untuk menghindari yang kemudian menabrak motor Quartararo. Desmosedici GP19 itupun kemudian terbakar.

Kedua pebalap itu hanya mengalami cedera ringan. Menurut data yang dikeluarkan oleh Alpinestar, dikutip dari CycleNews.com keduanya selamat berkat fitur Tech-Air pada wearpack yang mereka gunakan. Tentunya bakal lain cerita jika, regulasi penggunaan airbag tersebut tidak di terapkan oleh penyelenggara MotoGP.

Loading...


Alpinestar sendiri selaku produsen wearpack balap yang digunakan kedua pebalap tersebut, telah mengeluarkan data grafik bagaimana Tech-Air bekerja. Fitur tersebut telah menyelamatkan kedua pebalap dari risiko yang lebih besar akibat crash tersebut.

Alpinestar Tech-Air

Pada data grafik tersebut nampak, airbag mengembang 0,06 detik Quatararo melayang sesaat sebelum menghujam aspal. Kemudia 4,7 detik berikutnya Quartararo berguling-gulingakibat akselerasi lateral impact.

Loading...


Alpinestar Tech-Air

Sementara pada Dovizioso, airbag mengembang 0,145 detik sebelum pebalap Ducati ini terjatuh diaspal. Sisa grafik berikutnya menunjukkan waktu saat Dovi berguling juga.

Wah ternyata keren juga ya Sob, fitur yang disematkan pada wearpack pebalap MotoGP ini. Dengan fitur airbag ini, diharapkan dapat meminimalisir risiko cedera parah pada pebalap saat terjadi crash.

Loading...