Monday, January 18, 2021

Rally Dakar 2020 Bakal Digelar di Arab Saudi?

Isu perpindahan lokasi ajang balap paling ganas di dunia, Rally Dakar mulai berembus sejak akhir tahun lalu. Dan kini bergulir rencana digelarnya Rally Dakar 2020 di Arab Saudi.

Seperti dikutip Asphalt & Rubber, ASO promotor balap Rally Dakar dikabarkan sudah menandatangani kerjasama kontrak selama 5 tahun dengan negara-negara Timur Tengah.

Jika kabar ini terwujud, maka ini merupakan kali ke-2 kepindahan lokasi balap Rally Dakar. Di mana pada 11 tahun silam, ajang ini dipindah ke benua Amerika Selatan dari Eropa dan Afrika Utara karena kasus terorisme.

Kepindahan Rally Dakar dari benua Amerika Selatan mencuat akhir tahun lalu lantaran balapan ini hanya digelar di satu negara saja, yakni Peru. Padahal dalam sejarahnya sejak 1979, Rally Dakar belum pernah digelar hanya di satu negara.

Spekulasi beredar, Arab Saudi dipilih karena menawarkan uang yang besar pada promotor Rally Dakar. Di luar itu, Arab Saudi sendiri sudah sukses menggelar sederet balap dunia, seperti Formula E dan FIA Middle East Rally Championship.

Ke depannya, Rally Dakar tak hanya akan berlokasi di Arab Saudi saja, tapi kemungkinan bisa meluas ke Oman, Yordania atau hingga ke Mesir. So, kita tunggu saja.

Latest Update