Rally Dakar Resmi Digelar di Arab Saudi 2020 Hingga 2025

Spekulasi mengenai kepindahan host ajang balap Rally Dakar 2020 terbukti. Dan mulai 2020 mendatang, Arab Saudi menjadi tuan rumah salah satu balap terberat di dunia tersebut.

Seperti dilansir Cycleworld, Arab Saudi menandatangi kontrak bersama promotor lomba pada pekan ini, dan disepakati durasi penyelenggaraan Rally Dakar selama 5 tahun di sana nih Sobat Zonbie.

Baca Juga: Vespa Ternyata Sempat Ikut Rally Dakar dan Finish, Hebat Sob!

Hadirnya Arab Saudi menjadi sejarah baru. Karena ini merupakan lokasi penyelenggaraan ke-3 dari seluruh rangkaian Rally Dakar yang dimulai sejak 1978.

Di mana lokasi awalnya merupakan kawasan Afrika Utara dan Eropa, sehingga dikenal dengan nama Rally Paris-Dakar. Lalu, selama 11 tahun mulai 2009 berpindah ke Amerika Selatan.

Mengomentari terpilihnya Arab Saudi, Director Dakar, David Castera mengatakan jika sebelumnya, pihaknya memiliki tiga opsi lokasi lomba.
Yakni tetap di Amerika Selatan, menjelajah Afrika Selatan, atau pindah ke kawasan baru di Arab Saudi.

“Negara ini (Arab Saudi) yang paling siap menggelar Rally Dakar yang akan melibatkan karavan dengan 3.000 orang dari 50 negara berbeda,” katanya.

Dari pihak Kerajaan Arab Saudi, ada Pangeran Mohammad bin Salman yang jadi tokoh hadirnya Rally Dakar di Arab Saudi.

Pangeran ini ingin memajukan dunia balap Arab Saudi untuk menemani negara-negara Timur Tengah lainnya yang lebih dulu eksis di dunia motorsport, seperti Uni Emirat Arab, Qatar dan Bahrain.

Saat ini Arab Saudi sudah dikenal sukses menggelar ajang Formula E di bulan Desember lalu dan tengah bernegosiasi dengan penyelenggara balap Formula 1 untuk hadir di sana.

Comments
Shares