Rantai Motor 'Dorceng'

Rantai Motor ‘Dorceng’ Sebaiknya Diganti, Jangan Dipotong

Masalah yang sering dialami oleh para bikers pada rantai adalah rantai motor ‘Dorceng’ alias kendor kenceng. Tingkat ketegangan rantai bermasalah akibat dari penggunaan.

Rantai merupakan salah satu komponen pada motor yang sangat penting dan rentan sekali bermasalah. Berfungsi sebagai penghantar gerak roda, rantai motor perlu perhatian khusus.

Biasanya para bikers mengatasi penyakit dorceng pada rantai adalah dengan memotong beberapa mata rantainya. Ternyata tindakan ini sangat tidak dianjurkan karena berbahaya terutama pada jenis motor sport.

“Sebaiknya ganti rantai jika sudah bermasalah, memotong rantai sama saja membahayakan diri sendiri apalagi motornya jenis sport.” ungkap Dadan Danil Asisten Trainer, Technical Training 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Proses potong dan sambung rantai dapat menyebabakan rantai putus saat sepeda motor sedang dikendarai. Sangat membahayakan apalagi saat sepeda motor sedang dipacu dalam kecepatan.

“Proses memotong dan menyambung rantai bisa menyebabkan rantai malah putus saat motor sedang di kendarai. Apalagi proses pemotongannya tidak menggunakan alat khusus potong rantai, biasanya akan menyebabkan rantai tidak tersambung dengan benar” jelas Dadan.

Nah Sob, baiknya ganti saja jika mengalami rantai motor ‘Dorceng’. jangan niatnya berhemat malah fatal di jalan ya.

Comments
Shares