Honda Genio

Rasio 10:1 Honda Genio Bisa Pakai BBM Jenis Apa?

PT Astra Honda Motor (AHM), baru saja meluncurkan produk skutik terbarunya yang dinamakan Honda Genio.

Honda Genio jadi langkah awal AHM dalam mengenalkan mesin all new eSP. Mesin ini diklaim jauh berbeda ketimbang para pendahulunya di segmen 110 cc seperti Scoopy, BeAT, dan Vario 110.

Honda Genio

Salah satu efek dari penggunaan mesin baru ini, rasio kompresi Genio menjadi lebih besar ketimbang matic 110 cc Honda lainnya. Berdasarkan data yang dirilis oleh AHM, Honda Genio memiliki rasio kompresi 10:1

Dengan rasio sebesar memunculkan pertanyaan, dapatkah motor casual dan fashionable ini menggunakan BBM dengan oktan rendah?

Menjawab pertanyaan tersebut, Assistan Chief Engineer Honda Co., Ltd, Makoto Dohi, mengatakan Genio mampu menenggak BBM dengan oktan rendah.

“Kami membuat mesin ini bisa menggunakan bahan bakar yang biasa dipakai di segmen entry level di Indonesia, sehingga tidak membutuhkan BBM dengan oktan yang tinggi,” ucap Makoto disela acara peluncuran Genio.

Dengan mesin baru ini, Honda mengklaim konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Berdasarkan data internal Honda, konsumsi bahan bakar Genio mencapai 60 km/liter dengan metode pengujian ECE R40.

Selain itu, Makoto juga menyebut power yang dihasilkan menjadi lebih besar. Tenaga maksimalnya mencapai 8,87 dk pada 7.500 rpm, serta torsi puncaknya 9,3 Nm/5.500 rpm.

Sebagai informasi, mesin lawas yang sebelumnya dipakai Scoopy, BeAT, dan Vario 110 hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,5 dk/7.500 rpm, dan torsi puncaknya 9 Nm/6.500 rpm.

Comments
Shares