Ride and Camp Zonabikers Kobarkan Semangat Petani Kopi Gunung Pakuan

Ride and Camp Zonabikers

Ride and Camp zonabikers, merupakan sebuah kegiatan yang memadukan wisata sekaligus eksplorasi alam dan berbagi.

Ride and Camp Zonabikers

Pada kegiatannya kali ini, 5 bikers personil zonabikers.com menyambangi wisata alam Setu Rawa Gede dan agro wisata kopi Gunung Pakuan. Lokasi wisata ini berada di Desa Sirnajaya, Sukamakmur, Bogor Timur, Jawa Barat.

Loading...


Baca juga : Indonesia Ride Adventure Gelar Dual Purpose Riding Technique

Kelima bikers tersebut adalah Bro Jayadi atau akrab disapa Bro Gojay selaku Founder zonabikers.com, Bro Reza (jurnalis zonabikers.com), Sist Jisel (lady biker, moto adventurer dan pemilik Store Contin Jakarta), Bro Ramon (Moto Traveler) dan Bro Ramli (photographer dan kontributor Getty Images).

Loading...


Lokasi wisata yang jadi tujuan tim Ride and Camp kali ini, hanya berjarak 63 kilometer dari kota Jakarta. Di lokasi ini, pengunjung bakal disuguhkan oleh keindahan alam yang luas dan hijau.

“Kegiatan ini, sebagai bagian dari dukungan untuk kembali mengangkat potensi wisata Indonesia yang sempat terpuruk akibat pandemi. Melalui kesempatan ini kita akan dokumentasikan perjalanan dan kegiatan melalui foto dan video,” jelas Bro Gojay.

Setu Rawa Gede merupakan lokasi wisata yang menawarkan keindahan panorama danau alami yang berada di bawah kaki pegunungan. Danau ini dikelilingi oleh perbukitan yang asri dan indah. Pada tepian danau, pengunjung bisa membangun tenda untuk menginap (kemping).

Loading...


Di lokasi ini, terdapat juga agro wisata kopi yang lokasinya berada di lereng Gunung Pakuan. Pengunjung bisa melihat langsung kebun kopi sekaligus menyaksikan bagaimana kopi diproses hingga siap minum.

Kopi Gunung Pakuan memiliki cita rasa tersendiri. Kopi jenis robusta dan arabika yang dihasilkan dari kebun di gunung Pakuan ini punya rasa yang khas dan pastinya sangat nikmat. Tapi sangat disayangkan, karena masih banyak yang belum mengenal bahkan mengetahui Kopi Gn. Pakuan.

Loading...


Salah satu pemilik kebun kopi, Pak Enji, mengaku Kopi Gn. Pakuan belum dikenal luas. Bahkan di tempat asalnya, kopi ini kurang populer bahkan tertinggal oleh kopi kemasan yang dijual oleh para pedagang (warung) di sekitar lokasi wisata.

“Saya itu malu, kalau mau menawarkan kopi asli yang kita tanam dan olah sendiri ini. Karena banyak kopi kemasan yang memang sudah dikenal baik oleh pengunjung yang ke sini,” ujar Pak Enji mengutarakan alasannya.

Dalam perjalanan Ride and Camp zonabikers.com yang didukung oleh PT Pertamina Lubricants dan PT Wahana Makmur Sejati, tim mencoba meyakinkan petani kopi untuk bangkit dan memulai untuk mempopulerkan kopi asli Gunung Pakuan kepada masyarakat.

Loading...


Dengan memberikan motivasi, informasi serta dorongan kepada petani kopi ini, diharapkan perekonomian masyarakat di lokasi tersebut meningkat. Serta, semakin banyak lagi masyarakat yang mengenal dan merasakan nikmatnya kopi Gunung Pakuan.

“Kopi asli Gunung Pakuan punya rasa yang beda, kita berharap para petani bisa lebih percaya diri dan memulai kembali untuk memperkenalkan kopi Gunung Pakuan kepada pengunjung dan masyarakat. Kami berlima juga akan membantu Pak Enji dan kawan-kawan petani lainnya, untuk mempopulerkan kopi khas Gn Pakuan ini,” pungkas Sist Jisel.

Ke depan, tim akan kembali ke lokasi tersebut untuk mendukung agro wisata kopi Gunung Pakuan supaya bisa dikenal dan dinikmati oleh para pecinta kopi di Indonesia.

Loading...


1 COMMENT

Comments are closed.