Robot Dari Knalpot Bising Sitaan, Transformer Asal Kendari

Robot Dari Knalpot Bising
Robot Dari Knalpot Bising Sitaan / Foto : ANTARA/Harianto

Satlantas Polres Kendari membuat patung robot dari puluhan knalpot bising dari razia pada Ramadhan lalu.

Pembuatan robot dari knalpot merupakan bagian dari upaya mengedukasi masyarakat dengan cara yang berbeda. Alih-alih dimusnahkan, tumpukan knalpot hasil sitaan razia kenalpot bising itu pun dijadikan monumen robot.

Dikatakan Kepala Urusan Pembinaan Operasional (Kaurbin Ops) Satlantas Polres Kendari, Ipda Andi Muhammad Nurfadli, pembuatan robot tersebut memakan waktu 8 hari dan diresmikan pada Senin 14 Juni 2021.

Loading...


Baca Juga :

Motor Baru Honda RS125, Iritnya Gak Ketulungan

“Knalpot dari sitaan jumlahnya cukup banyak dan menumpuk, kami berinisiatif membuat kreasi dan terobosan terbaru dan menarik sekaligus sebagai monumen robot,” katanya seperti dikutip Antara.

Loading...


Susunan knalpot bising bergaya sosok robot di film Transformer setinggi 4,5 meter itu dinamakan Antravi alias Anti-Traffic Violation atau Anti Pelanggaran Lalu Lintas.

Robot Antravi yang kini jadi ikon baru di Konta Kendari itu berdiri di Pos Lalu Lintas Polres Kendari, Perempatan MTQ, Jl. Jendral Ahmad Yani, Mandonga, Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Rencana pemusnahan barang bukti knalpot bogar disulap menjadi sebuah robot dan menjadi tontonan bernilai edukasi serta menarik buat masyarakat yang melintasi pos lalu lintas di perempatan MTQ Kendari,” kata Andi.

Loading...


Kini masyarakat bisa berfoto dan melihat langsung barang bukti pelanggar lalu lintas yang telah disulap menjadi robot Avantri.

“Dengan begitu, nantinya masyarakat dengan sendirinya teredukasi akan pentingnya mematuhi peraturan berlalu lintas. Jadi di samping masyarakat dapat berswafoto dengan robot Antravi yang menjadi icon baru ini, nilai edukasi yang penting diharapkan,” ucapnya.

Andi Muhammad Nurfadli juga menegaskan bahwa robot ini dibuat sebagai bentuk keseriusan Satlantas Polres Kendari dalam memberantas pelanggaran lalu lintas yang bersifat invasif atau mengganggu masyarakat umum seperti balap liar dan knalpot bogar yang bising.

Loading...


“Kan kalau knalpot bogar bising kan, masyarakat pasti terganggu dengan suaranya apalagi yang memiliki anak kecil, kasian akan terbangun nantinya dan menangis,” pungkasnya.

Masalah kebisingan ini sudah ada aturannya dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 07 Tahun 2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru.

Dalam Permen tersebut dijelaskan batas ambang kebisingan sepeda motor antara lain maksimal 85 desibel (db) untuk tipe 80 cc, maksimal 90 db untuk tipe 80-175 cc, dan maksimal 90 db untuk motor 175 cc ke atas.

Loading...


Jika menggunakan knalpot bising modifikasi, maka dianggap melanggar Undang-Undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sanksinya, sesuai Pasal 285 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009, hukuman denda paling banyak Rp 250 ribu atau pidana kurungan paling lama satu bulan.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here