Wednesday, January 20, 2021

Roda Motor Oblak? Segera Perbaiki Sob!

Roda motor oblak (bergoyang) merupakan gejala klaher (bearing) pada motor bermasalah. Jika terus dibiarkan, tentunya akan menyebabkan kerusakan pada komponen motor lainnya.

Jika roda motor berasa goyang dan kurang stabil saat motor dikendarai, baiknya Sobat Zonbie segera lakukan pengecekan di bengkel terdekat. Penyebab utama biasanya klaher atau bearing roda yang sudah rusak.

Jika klaher atau bearing tersebut rusak, segera lakukan penggantian. Karena, jika dibiarkan secara terus menerus bisa menyebabkan kerusakan pada komponen motor lainnya.

Baca juga : Komponen Ini Bisa Jadi Penyebab Motor Matik Jadi Kurang Nyaman Dikendarai

Komponen yang bisa ikutan rusak biasanya adalah tromol roda pada motor yang mengandalkan rem tromol atau piringan rem cakram pada motor yang mengadopsi sistem rem cakram.

Rem tidak akan berfungsi normal, karena hanya sebagian tromol atau disk yang akan dicengkeram oleh kampas rem. Pada akhirnya, tromol atau piringan cakram habis sebagian.

Roda motor oblak juga berbahaya, karena bisa menyebabkan kecelakaan akibat kurang seimbangnya motor saat dikendarai.

Untuk itu, segera lakukan pemeriksaan dan ganti komponen rusak yang jadi penyebab roda tersebut goyang. Jangan sampai hanya karena masalah sepele, bisa menyebabkan masalah yang lebih besar apalagi menyebabkan kecelakaan.

Latest Update