Royal Enfield Concept KX, Calon Seteru Harley Asal India

Akhir-akhir ini pabrikan motor asal India, Royal Enfield sangat sibuk, khususnya dengan diluncurkannya sebuah motor dengan mesin parallel twins baru. Namun motor berjuluk Concept KX ini menjadi sorotan sebagai motor yang sensasional.

Maklum, mesinnya bervolume 838cc V-Twin yang digadang-gadang bisa bersaing ketat dengan produk legendaris asal Amerika, Harley-Davidson Sportster, atau Street 750.

Terinspirasi dari Royal Enfield KX yang pernah dirilis oleh Rotal Enfield sendiri di tahun 1930, dengan mesin side-valve hardtail 1140cc, motor Concept KX ini tampil gagah, layaknya motor Neo Retro yang tengah booming.

Loading...


Keunikan juga terlihat di suspensi bagian depan menggunakan suspensi sistem girder yang menonjolkan mekanisme sok. Selain itu, sorot lampu depan juga bisa mengikuti arah pelek depan. Di belakang ditunjang dengan monoshock yang tertanam pada kolong joknya. 

Sehingga pada pelek bagian belakang tampak tergantung jika dilihat dari sisi kanan, yang terlihat hanyalah sebuah slot tembus pandang hingga ke sudut shock yang memberikan kesan bahwa yang ada di belakang sadel kulit tersebut ikut bergerak.

Loading...


Dan jika kita lihat dari sisi kiri terlihat lebih luas, triangular single-side swingarm nyapun juga terlihat keren, demikian pula dengan ABS brake disc nya yang berada di belakang sproket.

Secara keseluruhan motor ini memang terlihat seksi, dan bagian knalpotnya juga mengingatkan kita pada sebuah motor Indian Scout.

Sayangnya,  perusahaan Royal Enfield menjelaskan bahwa royal Enfield ‘Concept KX” ini akan tetap menjadi motor konsep dan belum ada niatan untuk masuk produksi massal.

Loading...