Royal Riders Indonesia

Royal Riders Indonesia, Touring Sambil Bersosial

Komunitas pecinta motor Royal Enfield, Royal Riders Indonesia (RORI) dari berbagai daerah menggelar touring dengan tema Eco Ride Sabtu – Minggu, 20-21 April 2019.

Royal Riders Indonesia

Sekitar 45 motor Royal Enfield dari berbagai wilayah berangkat mulai dari Jakarta-Bogor menuju Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi dengan perjalanan yang memakan waktu sekitar 7 jam perjalanan.

Donny Hendaris sebagai President RORI menyatakan, acara Eco Ride merupakan bentuk kepedulian para bikers RORI terhadap lingkungan. Donny menyatakan, para member RORI juga harus diedukasi untuk menjaga lingkungan dimulai dari hal kecil. “Kami memang mau mengubah konsep touring bukan sekedar jalan-jalan biasa, namun turut melestarikan alam, salah satunya adalah yang kita lakukan tadi pagi, melestarikan terumbu karang,” ujar Donny Hendaris, Presiden Royal Riders Indonesia.

Donny menambahkan, isu lingkungan demikian harusnya patut diperhatikan oleh para bikers, jadi bukan sekedar menikmati keindahan alamnya namun juga turut menjaganya. “Eco Ride, merupakan bentuk kepedulian RoRI terhadap lingkungan, memang tidak banyak yang kita lakukan tapi minimal kita menginisiatif, agar teman2 yang lain baik komunitas atau masyarakat umum untuk lebih perduli terhadap lingkungan,” tambah pria berkacamata ini.

Royal Riders Indonesia

Ujung genteng dijadikan tujuan untuk menanam terumbu karang. Hal ini dilakukan komunitasnya setelah berkonsultasi dengan pihak terkait, yakni komunitas peduli terumbu karang ujung genteng. “Ternyata isu lingkungan yang vital di Ujung Genteng adalah rusaknya terumbu karang akibat penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan,” jelas Donny.

Sementara itu, Muhammad Yusuf dari komunitas peduli terumbu karang ujung genteng menyatakan, kerusakan terumbu karang di wilayahnya sudah memprihatinkan. Makanya ia mengajak semua pihak yang berkunjung ke ujung genteng untuk ikut peduli isu lingkungan yang ada di wilayahnya.

“Kami selalu mengampanyekan kepada para wisatawan bukan hanya berlibur, tapi juga ikut aktif menjaga lingkungan. Ini untuk keberlangsungan ekosistem laut di sini,” jelas Yusuf.

Pada awalnya kegiatan Ciletuh Eco Ride bertujuan untuk melepas Tukik ke laut dan turut membersihkan Pantai Ujung Genteng dari sampah plastik. Namun, kegiatan tersebut belum dapat dilaksanakan karena jumlah telur yang menetas di daerah tersebut kerap menurun, salah satunya karena kerusakan yang terjadi di ekosistem terumbu karang yang menjadi hunian satwa ini.

Royal Riders Indonesia

Menurut Direktur Hubungan Masyarakat RORI Joseph Sinaga, RORI langsung berinisiatif masyarakat lokal untuk menyiapkan lebih dari 30 media budidaya terumbu karang yang terbuat dari semen di Pantai Ujung Genteng, dengan bantuan masyarakat lokal.

“Kolaborasi yang bersifat spontanius bersama Komunitas Peduli Terumbu Karang Ujung Genteng akan terus menjadi program kami sepanjang tahun 2019. Terumbu karang yang ditanam tersebut bagaikan anak-anak kami yang akan terus kami pantau,” ucap Joseph.

Selanjutnya, acara-acara touring yang diadakan RORI akan terus mengambil tema yang berhubungan dengan lingkungan dan Indonesia. Hal ini diwujudkan dengan mengambil tema Less Waste, More Fun untuk International Royal Enfield Jamboree pada Agustus mendatang di Bali.

“Jadi nanti acaranya juga bertema kelestarian lingkungan. Rencananya kita akan bersihkan pantai Kuta, destinasi wisata yang paling terkenal di Indonesia, bahkan hingga ke mancanegara. Namun, pantai ini sekarang dipenuhi oleh sampah plastik. Kita akan bikin aturan para member untuk tidak menggunakan plastik selama rangkaian kegiatan nanti,” Tambah Donny.

Comments
Shares