Salut, Wanita Difabel Asal Iran Ini Membangun Motor Sendiri

Kekurangan tak membuat seorang patah semangat dan hanya berpangku tangan. Bahkan suatu kekurangan justru jadi sumber semangat dan memotivasi orang lain. Seperti yang dilakukan wanita difabel asal Iran bernama Zahara Sedighi ini.

Kesulitan berjalan karena menderita polio sejak kecil membuat dirinya berpikir keras untuk kebutuhan mobilitasnya. Tak terkecuali kendala pada alat transportasi. Untuk itu, Zahara merancang kendaraan sendiri agar bisa berjalan-jalan kemana saja ia inginkan.

Seperti bisa dilihat pada foto di atas, motor sport dimodifikasi dengan side car sebagai tempat kursi roda. Sedangkan untuk mengendarai motornya, Zahara akan duduk di posisi motor normal.

Kendala SIM

Namun setelah mengendarai motor hasil rancangannya selama 7 tahun terakhir, dirinya masih berstatus ilegal karena tak punya SIM. Meskipun tidak ada undang-undang resmi bagi wanita untuk mengendarai motor di Iran,tapi polisi Iran banyak menolak permintaan surat ijin mengemudi yang diajukan oleh wanita-wanita Iran,termasuk Zahara.

Menurut laporan Euronewsdotcom, Masoume Ebtekar selaku Iran Vice-president for Women and Foreign Affrair, sedang melakukan investigasi kondisi Zahara. Ada sekitar lebih dari 1,3 juta jiwa difabel di Iran, kebanyakan mereka mendapati masalah dalam hal transportasi dan infrastruktur.

Comments
Shares