Sang Inovator Knalpot Termignoni Tutup Usia

Luigi Termignoni

Dunia otomotif dunia dirundung duka, Luigi Termignoni sang inovator knalpot Termignoni telah tutup usia.

Luigi Termignoni menghembuskan nafas terakhirnya. Ia meninggal saat memasuki malam antara 17 dan 18 November 2019 pada usia 75 tahun.

Dikutip dari RideApart, berawal dari 1969 atau 50 tahun lalu, Luigi mulai mengubah sejarah dunia motor dari kota Predosa, Alessandria, Italia. Knalpot Termignoni sendiri saat ini seringkali dikaitkan dengan pabrikan motor Ducati. Namun, kenyataannya knalpot ini juga banyak digunakan di beberapa merek motor lain.

Awalnya, pada 1969, Luigi membuka toko dan bengkel motor yang berfokus pada pabrikan Ducati, Kawasaki, serta Honda. Dari sana, ia mulai menyiapkan mesin untuk digunakan balapan dan juga mulai membuat suku cadang khusus untuk mesin empat tak.

Di bidang sistem pembuangan, Luigi baru mulai fokus mengerjakannya pada tahun 1971. Kabarnya, knalpot pertama hasil karyanya dibuat sepenuhnya dengan tangan alias handmade.

Tercatat, knalpot Termignoni telah menjadi salah satu bagian vital yang tak terpisahkan dari dunia balap motor. Hingga saat ini, knalpot tersebut sudah memenangkan 10 gelar MotoGP, 16 gelar WSBK, 2 gelar dunia Paris-Dakar, serta beberapa balapan lainnya.