Seblak, Kuliner Khas Pedas Menyegarkan

Seblak. Kuliner khas Sunda yang memilik rasa gurih dan pedas membuat sensasi segar bagi penikmatnya…

Beberapa tahun belakangan, makanan Indonesia yang berasal dari Sunda Jawa Barat ini sedang disukai banyak para pecinta kuliner di seluruh pelosok, khususnya di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat. Banyak warung atau rumah makan yang menawarkan Seblak, bahkan banyak pula dijual melalui gerobak pedagang keliling atau di pinggir jalan. Karena punya cita rasa gurih dan pedas, makanan khas Sunda ini kerap diserbu para penikmatnya yang ingin sensasi kesegaran.

Seblak adalah kerupuk mentah yang sengaja dibantatkan dengan cara direndam air panas. Seblak merupakan menu olahan yang awalnya terbuat dari kerupuk yang dimasak dengan sayuran dan bahan-bahan lainnya. Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi, baik rasa maupun bahan tambahan juga kemasan.

Camilan ini sangat populer di daerah Bandung dan sekitarnya, seperti Cimahi, Soreang dan Cileunyi. Bandung dan sekitarnya adalah kota dengan udara yang sejuk dan mempunyai curah hujan yang lebih tinggi dibanding kota-kota lain disekitarnya. Tercetuslah membuat makanan baru ini awalnya untuk mengatasi udara dingin di Bandung dan sekitarnya.

Perkembangan seblak memang cukup unik, sehingga bermunculan berbagai variasi seblak basah atau seblak kuah. Mulai dari seblak ceker, seblak mie, seblak kerupuk mie, seblak bakso, seblak makaroni dan beberapa bahan utama yang lainnya. Seblak memang dapat dimasak dengan bahan apapun. Bahkan tak jarang ada yang memasukkan sayuran seperti kol, tauge dan yang lainnya sebagai pelengkap. Campurannya akan menghasilkan resep seblak basah yang nikmat, terlebih disajikan saat musim hujan.

Seiring dengan waktu, seblak kemudian berkembang ke kota Bogor, Jakarta, Surabaya dan beberapa kota lainnya, dengan aneka kreasi resepnya. Seblak kini menjadi makanan jajanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat terutama di daerah Jawa Barat dan Jabodetabek. Seblak disajikan di rumah makan dan warung, serta dijajakan di gerobak pedagang keliling.

Comments
Shares