Wednesday, January 20, 2021

Sejarah 20 Tahun Yamaha MT Series, Naked Bike Rajanya Torsi

Hampir semua produsen motor asal Jepang punya seri yang melegenda. Termasuk pada varian naked bike. Sebut saja Honda CB Series, atau Kawasaki Z Series. Yamaha pun punya keluarga MT Series.

MT Series sendiri punya sejarah panjang Sobat Zonbie, tepatnya sudah 20 tahun silam. Yakni dimulai dari sebuah motor konsep berjuluk MT-01 yang dikenalkan di ajang Tokyo Motorcycle Show 1999. Hingga yang terbaru, Yamaha MT-15 yng dihadirkan di Indonesia.

Lalu, bagaimana sejarah singkat dan ragam keluarga Yamaha MT Series yang didaulat menjadi penerus keluarga Yamaha FZ/Fazer series ini? Yuk, kita simak.

MT-01 Concept Model (1999)

Mengusung konsep “Kodo” atau Soul Beat, pengembangan MT-01 concept model sangat begitu memperhatikan segala elemen kunci yang dibutuhkan dalam menghadirkan pengalaman berkendara yang tak terlupakan.

Mulai dari irama dentuman mesin yang dihasilkan oleh kekuatan ledakan di ruang bakar, ritme bertenaga yang tercipta dari perubahan torsi, getaran suara yang timbul dari intake mesin dan knalpot, hingga detak jantung sang pengendara yang seluruhnya berkolaborasi dalam menghasilkan “Kodo”.

MT-01 (2004)

Merupakan model produksi masal pertama dari keluarga MT series yang mengawali debut di ajang INTERMOT, München, Jerman. Mengangkat konsep “Soul Beat V-Twin Sport”, MT-01 menyuguhkan mesin V-twin berkapasitas 1.670cc.

Latest Update