Wednesday, October 28, 2020

Sejarah Hells Angels Dari Nama Squadron Terbang PD II

Sobat Zonbie pernah mendengar nama sebuah geng motor bernama Hells Angels? Banyak versi mengenai sejarah Hells Angels, namun yang banyak tercatat di website.

Jika Sobat Zonbie mendengar nama Hells Angel, pasti gambaran tentang geng motor besar Harley Davidson tervisual dipikiran Sobat Zonbie.

Tepat! Hells Angels merupakan geng motor ternama yang dibentuk oleh veteran perang dunia II pada tahun 1948 di Fontana, California Amerika Serikat. Tidak hanya beranggotakan para veteran saja, kabarnya Hells Angels juga menampung anggota klub sepeda motor (The Pissed Off Bastards dari Bloomington) yang berbeda pandangan, karenanya jumlah angota Hells Angels semakin banyak saat itu.

Banyak versi mengenai sejarah Hells Angels, namun yang banyak tercatat di website bahwa Arvid Olson merupakan orang yang mengusulkan nama ini.

Arvid Olson adalah seorang veteran yang pernah bertugas disebuah squadron macan terbang bernama Hells Angels. Nah singkat cerita, terinspirasilah nama ini untuk sebuah geng motor yang juga beranggotakan para veteran perang dunia.

Bedanya tulisan Hells Angels pada geng motor ini tidak menggunakan Apostrophe atau tanda baca seperti nama squadron Macan Terbang pengebom PD II Hells Angels.

Ada juga versi cerita yang mengisahkan bahwa Harley Davidson over produk dalam menyuplai kendaraan perang untuk Amerika dan sebagian besar dijual kepada publik yang notabene sebagian besar pembelianya adalah para veteran perang yang ingin bernostalgia mengendarai Harley seperti yang mereka lakukan saat di medan perang. Kondisi yang berbeda membuat mereka lebih menyalurkan rasa kangennya dengan berpetualang tanpa tujuan yang jelas. Banyak juga yang akhirnya mengartikan bahwa geng ini menjadi pengendara motor anti kemapanan.

Apapun cerita sejarahnya, Hells Angels merupakan geng motor yang tergolong sepuh dan ternama di Amerika, walau nama yang terbangun sangat negatif, sebagai sebuah geng motor kriminal. Dunia perfilman melambungkan nama Hells Angels, ketika Hollywood membuat film tentang kisah pengendara Harley berjudul The Wild One ditahun 1954 yang diperankan Marlon Brando dan Hunter S. Thompsons pada tahun 1966.

Perilaku para anggota geng HD sepuh ini ekstrim dan sangat bandit. Setiap tahunnya Hells Angels mengaku harus menempuh jarak 20.000 kilometer untuk memuaskan rasa gatalnya berpetualang dengan motor. Selama bertahun-tahun berkelompok dan mengembangkan organisasinya disejumlah negara, kini member Hells Angels bisa ditemui di Auckland, Selandia Baru dan beberapa negara lainnya. Pengembangan keanggotaan Hells Angels bermula di tahun 1961. Sampai saat ini geng motor ini sudah memiliki chpater di lebih dari 30 negara didunia.

Walau Hells Angels terbentuk dengan image geng motor kriminal, tapi semua itu telah berubah. Perilaku mereka tidak lagi kriminal, bahkan setiap petualangan yang dilakukan, Hells Angels kerap menyisipkan acara amal untuk anak-anak dan para veteran perang yang membutuhkan. Regenerasi dan munculnya para anggota muda yang memiliki pemikiran berbeda membuat geng Malaikat Neraka ini mereformasi peraturan dan sistem terdahulu. Walau perbuatan baik telah dijalani geng motor ini, namun image sebagai geng motor kriminal tetap melekat pada mereka. Bagi Hells Angels hal tersebut sudah merupakan kodrat mereka karena awal terbentuknya memang banyak hal negatif yang terlaksana dari para member terdahulu. Sampai akhirnya Hells Angels memiliki semboyan yang juga tercatat dalam situsnya: “Ketika kami melakukan hal yang benar tak seorangpun ingat, ketika kami melakukan hal yang salah tak seorangpun lupa.

Sejarah Kelam Malaikat Neraka

Inilah sejumlah kejadian yang akhirnya menciptakan citra buruk Hells Angles, salah satunya ketika Hells Angels dituduh sebagai geng motor yang turut merencanakan pembunuhan terhadap bintang rock legendaris Mick Jagger dalam kerusuhan 1969 di California’s Altamont. Hanya karena Mick Jagger melakukan kritik terhadap anggota Hells Angels yang melakukan penikaman penonton The Rolling Stones sampai mati dalam sebuah huru-hara (kejadian tahun 1970 ini menjadi bagian dari film dokumenter tentang Rolling Stones).

Di luar Amerika, geng yang penyebarannya sudah merajalela ini sempat membuat heboh lagi ketika terlibat perang di Skandinavia pada 1990. Dilaporkan geng ini ikut melakukan serangan dengan senjata mesin, peluncur roket dan granat. Sementara kejadian terbaru, terjadi pada tahun 2002 yaitu ketika tiga pengendara motor terbunuh dalam keributan besar antara Hells Angels dan saingannya geng Mongol di Kasino Nevada.

Sangat mudah untuk mengenali anggota Hells Angels, dari jaket atau vest(rompi) yang mereka kenakan. Cirinya adalah tulisan berwarna putih dengan warna dasar merah dan ditengah tulisan Hells Angels dan nama wilayah ada gambar tengkorak bersayap dan logo huruf HAMC dan ada pula yang dibubuhi angka 81 angka delapan mewakili huruf H untuk angka kedelapan dari huruf abjad, dan A sebagai huruf pertama. Sejauh ini untuk menjadi anggota Hells Angels tidak harus melewati perploncoan, seperti geng motor Bandung. Anda tingga masuk aja ke websitenya, maka ada beberapa pertanyaan yang harus diisi, selebihnya tinggal mengikuti instruksi panduan yang ada di website tersebut.

Kompetitor Sang Malaikat

The Outlaw Motorcycle Club, salah satu gang motor tertua di Amerika. Didirikan 1935 di bar Matildas jalan Route 66. Kesangaran Outlaw terlihat dari Pacth-nya bergambar tengkorak disilang 2 piston dan 2 pistol – logo baru ini terinspirasi oleh film wildhog yang dibintangi Marlon Brando, sebelumnya logo mereka ada yang hanya tengkorak saja, ada juga yang bergambar Harley Chopper. Kini chapternya berdiri di sepanjang Amerika, bahkan hingga beberapa Negara Eropa, Australia dan Kanada. Lantaran usianya yang sudah sangat tua, MC lainnya meniru Outlaws dalam menjalankan bisnis ilegal seperti narkotik, senjata illegal hingga bisnis protitusi kelas kakap.

The Pagans menjadi salah satu geng motor paling ditakuti di Amerika Serikat. Mereka tersebar dengan jumlah sekitar 900 orang anggota di 44 wilayah yang terbentang antara New York dan Miami. Pagans yang memiliki arti orang kafir/musrik dibentuk di Maryland pada 1959, ditahun 1965 The Pagans telah berkembang dengan cepat. Dulu mereka identik dengan jaket kulit berwarna hitam gelap dengan angka keramat 13. Perilaku geng ini teramat kriminal, mereka tidak pernah takur dengan hukum, kehidupan yang mereka jalani juga nomaden atau berpindah-pindah, tidak memiliki basis geografis yang jelas seperti Hells Angels di Oakland dan Outlaw di Detroit.

Kini sejumlah anggota merubah tampilan mereka berjaket hitam dengan jaket denim/jeans, logo mereka menggambarkan Norse api setan api yang sedang duduk diatas api dengan menghunus sebuah pedang. Anggota dikenal memiliki supremasi kulit putih dan lambang Nazi. Para anggota klub juga telah terlihat dengan tato dari ARGO (Ar Go Fuck Yourself) dan NUNYA (NunYa Fuckin Bisnis). Wilayah mereka tampaknya dibatasi secara ketat untuk pantai timur di Amerika Serikat.

Selain sejarah mereka dari persaingan keras dengan Hells Angels Motorcycle Club, The Pagans telah dikaitkan dengan berbagai kejahatan termasuk pembunuhan, pembakaran, penyelundupan narkoba dan telah dikaitkan dengan kejahatan terorganisir di Amerika di wilayah timur laut Amerika. Pada bulan Februari 2002, tujuh puluh tiga anggota Club Motor pagan ditangkap di Long Island, NY setelah kekerasan meletus antara The Pagan dengan The Hell Angels MC yang mengakibatkan 10 pengendara sepeda motor terluka dan satu anggota Pagan dibunuh. Kemudian pada tahun 2005, anggota dari The Pagan diduga menembak dan membunuh Wakil Presiden kelompok Hells Angels Motorcycle Club wilayah Philadelphia. Wah untung geng Motor besar di Indonesia selalu memegang adat ketimuran, sopan santunnya terjaga. Keep the good work bro. [Basyit]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Update

Helm Lokal Mampu Bersaing Dengan Helm Impor? Coba RSV Helmets Dulu Deh!

Helm jadi kebutuhan utama dan sangat vital bagi para bikers. Saat ini, banyak bikers yang lebih memilih produk helm impor ketimbang produk helm lokal. Pada...

AHM Umumkan Pemenang Kontes Kreativitas Pembelajaran Online 2020

PT Astra Honda Motor (AHM) umumkan pemenang Kontes Kreativitas Pembelajaran Online 2020. Sebuah kompetisi yang diadakan perusahaan untuk memperkuat kualitas pendidikan vokasi di masa...

Max Zona Community Resmi Deklarasikan Diri

Pada akhir pekan lalu, jadi momen bersejarah bagi Max Zona Community (MZC). Komunitas bikers penunggang skuter matik Maxi ini, mendeklarasikan diri di Puncak, Bogor...

Kolaborasi Kegiatan Sosial Komunitas di Jayapura Sambut Sumpah Pemuda

Sebuah kegiatan sosial dilakukan oleh para bikers dari berbagai motor di Jayapura. Kolaborasi kegiatan sosial ini digelar dalam rangka menyambut hari sumpah pemuda yang...

OYIKA Baterai Motor Listrik Siap Hadir di Indonesia

OYIKA merupakan sebuah perusahaan asal Singapura yang menerapkan konsep berbagi baterai untuk sepeda motor listrik di 2018. OYIKA hadir di Indonesia pada tahun 2020...