Sejarah Honda PCX di Indonesia, Dimulai Dari Mesin 125 cc

Sejarah Honda PCX - All New PCX 160

Personal Comfort Xaloon. Itulah nama panjang PCX yang jadi skutik premium Honda. Sejarah Honda PCX dimulai setelah debut dunia pada tahun 2009.

Honda menghadirkan PCX untuk memenuhi kebutuhan pengendara dengan beragam gaya hidup di berbagai Negara.

Awalnya PCX hadir dengan mesin eSP 125 cc pendingin cair yang dilengkapi sederet teknologi canggih. Seperti Idling Stop System dan ACG Starter.

Loading...


Baca Juga :

Produk Baru Honda di 2021, CBR150R Atau PCX 160 4 Katup Yang Diluncurkan Lebih Dulu?

All New CBR150R 2021 Segera Meluncur Mirip CBR250RR, Siap Goda Pengguna R15

Loading...


Oh iya, mesin ini pula yang akhirnya digunakan pada Honda Vario 125 eSP.

Sejarah Honda PCX di Indonesia dimulai pada Juni 2010. PCX memulai debut perdananya di pasar sepeda motor Indonesia. Pertama kali hadir di pasar Indonesia pada pertengahan 2010 dan menjadi pionir skutik premium di Tanah Air.

Saat itu, PCX 125 diimpor utuh dari Thailand dengan harga Rp 32 juta.

Loading...


Sejarah Honda PCX berlanjut. Selang 2 tahun kemudian, PCX 125 dihentikan peredarannya di Indonesia. Perjalana sejarah Honda PCX 125 pun dilanjutkan dengan hadirnya PCX 150.

PCX 150 hadir dengan desain bodi yang sama persis. Hanya mesinnya saja yang diupgrade dengan volume 153 cc.

Sejarah Honda PCX Baru Dimulai

Di tahun 2014 PCX 150 mendapat penyegaran dengan perubahan signifikan. Negara pengimpornya juga berbeda. Dari Thailand berganti jadi Vietnam yang memasok PCX 150 ke Indonesia.

Loading...


Dari sisi eksterior, PCX telah memakai lampu LED yang memberikan penerangan lebih baik bagi pengendara melalui intensitas cahaya yang lebih terang hingga 80%.

Selain itu pemakaian daya listrik juga hemat lebih dari 80% dengan masa pakai lebih lama dalam penggunaan normal dibandingkan dengan lampu biasa.

Honda PCX juga hadir dengan hazard lamp dan menjadi yang pertama diaplikasikan di sepeda motor di Indonesia.

Loading...


Pada tahun 2018, Honda mengubah struktur rangka bawah menjadi struktur dudukan ganda. Tujuannya untuk mendapatkan kualitas pengendaraan yang lebih tinggi. Bersamaan dengan itu, AHM me-lokalkan PCX untuk Indonesia.

AHM pun memperluas varian PCX dengan merilis PCX Hybrid dan Electric.

Pada akhir tahun 2020, Honda mengubah PCX secara besar-besaran. Mulai dari desain body, fitur dan teknologi hingga kapasitas mesinnya. Dari 153 cc menjadi 160 cc. Generasi teranyar itu telah diluncurkan di Jepang.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here