Sejarah Singkat DCT Honda, Ternyata Ada Sejak 2009 Sob

Teknologi kopling ganda, alias Dual Clutch Transmission (DCT) memasuki babak baru di Indonesia lewat sederet produk moge dari PT Astra Honda Motor (AHM).

Setidaknya, ada empat tipe moge bertransmisi DCT yang dijual oleh AHM di Indonesia saat ini. Diantaranya Honda NM4 Vultus, Honda CRF1000L Africa Twin, Honda Goldwing dan yang terbaru, Honda X-ADV.

Meski baru beberapa tahun terakhir, tapi penggunaan DCT di moge Honda ternyata sudah berusia satu dekade, alias 10 tahun Sob. Bahkan yang hadir di Indonesia saat ini sudah memakai DCT generasi ke-3. Seperti apa sejarah singkatnya?

Generasi Ke-1

“DCT Honda awalnya hadir di moge touring VFR1200. Itu lho, yang tampangnya mirip Honda CBR250R generasi pertama,” buka Endro Sutarno, dari Technical Division PT Astra Honda Motor.

Transmisi ini memiliki dua buah kopling yang bekerja tanpa jeda saat perpindahan gigi. Sehingga meski memiliki 6 percepatan, tapi perpindahan gigi berlangsung sangat halus.

Generasi Ke-2

Memasuki tahun 2012, DCT Honda hadir sebagai generasi ke-2. Model yang menjadi andalan saat itu adalah keluarga NC700 Series. Termasuk model skuter gambot, Honda Integra.

Pengembangan yang dilakukan Honda pada DCT generasi ke-2 ini antara lain ada pada ukurannya yang lebih kompak dan ringan. Serta sirkuit hidrolik yang lebih disederhanakan.

Generasi Ke-3

Nah, motor yang memakai DCT generasi ke-3 diantaranya Honda CRF1000L Africa Twin dan X-ADV. Kedua model ini dijual di Indonesia saat ini.

Dan di generasi DCT terbaru ini, Honda menambahkan teknologi khusus yang dikembangkan untuk kemampuan off-road. Seperti aplikasi G-Switch saat berkendara di gravel.

Sementara khusus tipe Goldwing, disediakan DCT dengan 7 percepatan, serta aplikasi gigi mundur.

Comments