Sejarah Singkat Glas Goggo Scooter, ‘Vespa’nya Jerman Nih Sob

Skuter merupakan transportasi murah meriah yang digemari di Eropa. Tak heran jika banyak merek skuter yang membanjiri Benua Biru tersebut pasca Perang Dunia Ke II lho Sobat Zonbie.

Salah satunya adalah Glas Goggo Scooter dari Jerman yang dibuat pada tahun 1951. Salah satu modelnya, yakni Glas Goggo 200 dipajang pada ajang IIMS 2019 pekan lalu.

Yuk, coba kita kulik sejarah singkatnya. Seperti judul di atas, pembuat skuter Glas Goggo, yakni pria Jerman, Andreas Glas memang terinspirasi dari Vespa produksi Piaggio.

Saat itu, di tahun 1951 Glas yang tengah melakukan perjalanan ke Verona, Italia langsung jatuh cinta dengan desain skuter lokal di sana, Vespa.

Pasca cinta pada pandangan pertama itu, Glas kembali ke Jerman dan mulai memproduksi Goggo dengan debut versi 125 cc 2-tak. Kemudian produksi dan modelnya berkembang jadi 150 cc dan 200 cc.

Bahkan di 1953, tersedia juga skuter pengangkut barang bermesin 200 cc 2-tak berdaya 9,5 dk. Skuter ini digadang sanggup menggendong beban hingga 200 kg.

Hingga tahun 1956, Glas Goggo sukses melepas 46.181 unit skuter dari berbagai tipe. Namun sayangnya, Goggo yang memilih konsentrasi pada produksi mobil, membuat skuternya tak lagi bertahan.

Comments
Shares