Wednesday, January 20, 2021

Sejarah Singkat Motor Adler Asal Jerman, Bertahan Meski Dibom

Sobat Zonbie mungkin saat ini mengenal pabrikan motor asal Jerman seperti BMW Motorrad, atau MZ. Tapi di era perang dunia, ada satu merek yang terbilang tenar di masanya, yakni Adler.

Yup, didirikan pada tahun 1880 oleh Herr Heinrich Klenyer di Frankfurt yang berawal dengan memproduksi sepeda dan sepeda roda 3 yang kemudian peralih memproduksi mesin mobil, truk dan sepeda motor.

Menariknya, meski tahun 1944 terjadi pengeboman di seluruh kota di Jerman hingga akhirnya pabrik Adler porak poranda tapi produksi motor tetap berjalan. Meski pun saat itu hanya tersisa hanya beberapa mesin dan beberapa peralatan saja yang masih berfungsi dengan baik.

Saat itu Adler dikenal memproduksi motor kecil untuk kebutuhan harian. Motor-motor produksi mereka juga sempat terkenal karena ketangguhan dan keawetannya.

Ada enam Varian motor yang mereka produksi yakni Adler 1902, Adler Favorit, Adler ISDT, Adler M, Adler MB dan varian skuter mereka, Adler Junior.

Sayangnya, meski sempat bertahan dari perang dan pemboman, tapi Adler harus menyerah akan kondisi ekonomi yang mereka alami. Hingga akhirnya pada tahun 1957 pabrik mereka tutup karena pabrikan ini mengalami bangkrut.

Latest Update