Sejarah Terbentuknya Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Untuk menyatukan seluruh komunitas Honda dan Paguyuban di Jawa Barat maka didirikan Ikatan Motor Honda Jawa Barat (IMHJB) pada tanggal 19 Desember 2009

Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu penyumbang terbesar dalam penjualan sepeda motor Honda di Tanah Air.

Banyak pengguna sepeda motor di Jawa Barat yang kerap berkumpul bersama sambil bersilaturahmi, berbagi pengalaman dan sharing sesama pengguna sepeda motor Honda.

Untuk menyatukan seluruh komunitas Honda dan Paguyuban di Jawa Barat maka didirikan Ikatan Motor Honda Jawa Barat (IMHJB) pada tanggal 19 Desember 2009, bertepatan dengan pelaksanaan pertama Honda Bikers Day yang bertajuk “Jawa Barat Ngahiji” di Pantai Katapang Doyong, Pangandaran.

Deklarasi pembentukan IMHJB disaksikan langsung oleh 18 Paguyuban Kota dan Kabupaten di Jawa Barat, beserta 5 Paguyuban dari kota lain yang saat itu masih terbentuk dalam komunitas.

Kegiatan ini juga difasilitasi dan dihadiri langsung oleh PT Astra Honda Motor dan PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda di Jawa Barat.

Genap sebulan setelah deklarasi di Pangandaran, untuk membentuk kepengurusan IMHJB maka digelar Musyawarah Besar (Mubes) pertama di Bandung.

Sejak dibentuk kepengurusan IMHJB pada 2010 hingga saat ini, IMHJB telah dipimpin oleh 3 (tiga) orang yang berbeda sebagai Ketua Umum, diantaranya Hendryadi de Keizer dari Honda Vario Riders Club (HVRC) Bandung pada periode 2010-2012, Setiawan Soleh ‘Abah Gondrong’ dari Tiger Association Bandung (TAB) pada periode 2012-2015, dan terakhir Ellya Sherly “Abah Ekoey” dari HVRC Bandung pada periode 2015-2020.

Kebersamaan dan kekompakan para bikers Jawa Barat ditantang dan dimulai ketika menggelar acara Honda Bikers Day Ke-2 yang merupakan Honda Bikers Day Nasional Ke-1 di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Sumedang.

Saat itu seluruh anggota IMHJB melakukan touring bersama-sama ke seluruh wilayah pulau Jawa dalam rangka mengundang bikers-bikers Honda untuk hadir di acara Honda Bikers day yang saat ini acara tersebut menjadi magnet setiap tahunnya sebagai ajang kumpul sekaligus silaturahmi para bikers Honda di Indonesia.

Selepas gelaran Honda Bikers Day Nasional ke-1, kebersamaan dan kekompakan IMHJB kembali ditunjukkan untuk mensukseskan gelaran Honda Bikers Day Ke-10 di Lapangan Katapang Doyong, Pangandaran yang menjadi acara napak tilas Honda Bikers Day ke-1 pada tahun 2009.

Pada 1 (satu) Dekade Honda Bikers Day ini para bikers pilihan dari IMHJB melakukan touring ke seluruh wilayah di Indonesia untuk menyampaikan undangan Honda Bikers Day ke-10.

Kehadiran bikers Honda dari luar Jawa Barat turut serta berhasil mensukseskan gelaran 1 Dekade Honda Bikers Day sekaligus memecahkan rekor jumlah pengunjung bikers Honda yang hadir mencapai 26.342 bikers Honda dari seluruh Indonesia.

Kebersamaan seluruh bikers Honda di Jawa Barat tidak hanya dari aktivitias Honda Bikers Day namun juga dilengkapi dengan kegiatan lainnya yang secara berkesinambungan dilakukan seperti Kopdargab, Corporate Social Responbility (CSR), Touring, Camp n Ride dan berbagai kegiatan kampanye keselamatan berkendara di berbagai kota.

Saat ini IMHJB telah memiliki 21 Paguyuban diikuti dengan jumlah komunitas Honda mencapai 327 yang tersebar di Jawa Barat, serta total anggota yang terdaftar di Honda Community ID sebanyak  12.375  bikers.

General Manager Motorcycle Sales, Marketing, & Logistic DAM, Lerri Gunawan mengatakan, kehadiran IMHJB bukan hanya sebagai wadah tempat berkumpul para bikers Honda, dengan adanya IMHJB para bikers diharapkan bisa bersama-sama berkontribusi kepada masyarakat dengan berbagai kegiatan positif yang dilakukan secara rutin.

“Kami juga berharap IMHJB dapat selalu menjadi panutan yang baik bagi para komunitas Honda khususnya di Jawa Barat, serta bisa bersama-sama membina komunitas Honda yang solid, aktif dan berkelanjutan,” ujar Lerri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here