Kawasaki KLX230

Sensasi Mengajak Kawasaki KLX230 Melibas Jalur Aspal dan Tanah

Pada 22 Mei 2019 lalu, PT Kawasaki Motor Indonesia meluncurkan motor terbaru dari varian KLX yaitu Kawasaki KLX230. Motor dual purpose ini dihadirkan bagi para pehobi olahraga otomotif ekstrim.

Kawasaki KLX230

Meski dilahirkan untuk medan jalan offroad, ternyata Kawasaki KLX230 sangat nyaman dikendarai di medan jalan aspal. Hal ini Zonbie rasakan saat mengikuti event test ride KLX230 di kawasan Serpong, Banten (25/6).

Sejak awal start, Zonbie bersama beberapa rekan jurnalis lainnya menggeber menjajal KLX230 dipandu oleh tim dari Denwal Korlantas Polri.

Zonbie geber KLX230 hingga kecepatan maksimum 120 km/jam. Impresi yang dirasakan saat pertama menunggangi KLX230, jambakannya sangat terasa, handling motor pun tetap nyaman meski menggunakan ban semi offroad.

Sesuai karakter mesin motor offroad, jangan harap motor ini bisa dibejek dengan nafas panjang. Sesekali Zonbie terkena limiter karena memang belum terbiasa menggunakan motor jenis dual purpose. Untuk jalanan berkelok pun KLX230 cukup nyaman untuk diajak menikung di jalur aspal.

Kawasaki KLX230

Usai menjajal di jalanan aspal, Zonbie pun diajak melahap jalur tanah di Sirkuit Offroad Paramount BSD. Ban KLX230 diganti menjadi ban offroad demi keamanan saat menggaruk tanah.

Lagi-lagi Zonbie dibuat takjub oleh kehandalan mesin dan handling dari KLX230, mesin yang bertenaga mengajak Zonbie bersemangat untuk menarik gas agak dalam hingga jumping di trek step up pertama.

Meski Zonbie sangat jarang sekali bermain dengan motor jenis ini, menggunakan KLX230 ada rasa percaya diri tersendiri karena motor sangat nurut sekali waktu dikendalikan.

Kawasaki KLX230

KMI sendiri, Zonbie rasa cukup berhasil dengan melakukan perubahan jok pada KLX230 dibanding KLX sebelumnya. Jok sangat nyaman dan memudahkan Zonbie ketika harus berubah posisi duduk mupun berdiri diatas motor.

Secara keseluruhan motor yang dibekali mesin SOHC 233cc silinder tunggal, dua katup berpendingin udara yang sanggup melontarkan tenaga 18,7 Tk/7.600 rpm dan torsi 19,8 Nm / 6.100 rpm ini menjadi referensi bagi Sobat Zonbie yang ingin mencoba sensasi berbeda dari sebuah motor dual purpose.

Kawasaki KLX 230 ini hadir dalam dua varian, yaitu versi standar dengan banderol Rp39,9 juta dan spesial edition (SE) Rp42,3 juta. Sementara pilihan warnanya adalah Lime Green dan Ebony/Black untuk versi standar, serta Oriental Blue dan Firecracker Red untuk model SE.