Thursday, January 21, 2021

Sepuluh Fakta Tentang Kopi Yang Belum Banyak Diketahui

Ibarat kata seorang artis terkenal, tak ada habisnya orang-orang membicarakan kopi. Siapa yang tak kenal kopi pastinya, banyak cerita dan kisah yang menyertai tentang kopi sejak pertama kali di temukan di Ethiopia berabad waktu lalu.

Nah kalau Sobat Zonbie tertarik untuk mengetahui latar belakang dan apa yang terjadi dengan kopi, simak deh berikut 10 fakta menarik tentang kopi yang mungkin belum Sobat Zonbie ketahui.

Tentang Kopi

Pertama, mungkin sebagian sudah tau ya, kalau hari kopi di Jepang diperingati setiap tanggal 1 Oktober tiap tahunnya.

Kedua, Kata Bahasa Inggris dari ‘coffee’ berasal dari Bahasa Latin, yaitu coffea. Coffea sendiri adalah nama Latin dari sebuah genus pohon.

Ketiga, Ada 53 negara yang bisa menumbuhkan kopi dan semuanya berada di sepanjang garis khatulistiwa, yaitu diantara tropic Cancer dan Capricorn.

Keempat, Kopi juga dianggap sebagai sebuah afrodisiak, pada istilah kedokteran, afrodisiak adalah substansi yang bisa meningkatkan libido ketika dikonsumsi. Karena kopi mengandung dosis kafein yang cukup tinggi dan beberapa kandungan alkaloid berbeda sehingga kopi juga bisa meningkatkan stamina dan energi tubuh.

Kelima, Meskipun kopi sudah menjadi bagian dari budaya Arab selama ribuan tahun, tapi kopi belum menjamah wilayah negara-negara Barat sampai tahun di 1500-an. Sebelum sampai ke masa itu, para pendeta dan imam meyakini bahwa kopi adalah minuman iblis. Persepsi itu akhirnya dipatahkan setelah Paus Clement VIII mulai mengkonsumsi kopi, menyesapnya dan memberikan berkatnya atas kopi tersebut.

Latest Update