Setelah Repainting, Motor Tidak Bisa Langsung Detailing atau Coating. Ini Alasannya

Motor yang telah selesai repainting ternyata tidak boleh langsung didetailing ataupun coating loh Sob! Mengapa hal ini tidak bisa dilakukan?

Ketika warna sepeda motor Sobat Zonbie sudah terlihat kusam atau banyak baret-baret yang mengganggu penampilan repainting atau cat ulang adalah pilihannya. Tidak puas hanya repainting agar motor terlihat makin kinclong dan wetlook maka dilakukan detailing juga coating. Namun detailing dan coating tidak bisa langsung dilakukan langsung setelah proses repainting.

Setelah Repainting

Sebagaimana disampaikan oleh Marcell dari Double Wheels Studio Bike Detailing, motor yang baru saja di-repaint tidak bisa langsung dilakukan detailing atau coating. Hal ini disebabkan lapisan cat paling dasar dari proses pengecatan belum kering dan menyerap secara sempurna. Meski cat sudah terlihat kering pada bagian atas atau luarnya, namun pada bagian dalam atau dasarnya masih basah dan belum menyerap sempurna ke media yang dicat.

“Perlu waktu yang agak lama sekitar 2 bulan lebih untuk melakukan detailing dan coating bagi sepeda motor yang habis melakukan repainting.” papar Marcell.

Jika memaksakan detailing atau coating setelah repainting, alih-alih ingin terlihat cat motor kinclong, maka hasilnya justru akan terlihat aneh dengan adanya gelembung di beberapa bagian cat motor.

Gelembung tersebut menurut Marcell disebabkan cat pada bagian dasar belum meresap sempurna, sementara obat detailing ataupun coating menyerap hingga ke cat bagian dasar. Ketika cat yang masih belum kering sempurna bertemu dengan obat detailing tersebut maka akan terjadi pergeseran cat, sehingga cat akan terlihat menggelembung.

Untuk menghindari hal tersebut Marcell menyarankan untuk motor yang habis melakukan cat ulang atau repainting harus menunggu setidaknya dua bulan untuk melakukan detailing dan coating. Pastikan cat motor sudah kering seluruh lapisannya.

Comments
Shares