'Si Lebah Besi'

‘Si Lebah Besi’ Klasik Bermesin Listrik

Keren nih Sob, ada Vespa klasik tapi sudah menggunakan mesin listrik. ‘Si Lebah Besi’ ini memiliki tampilan klasik namun memiliki mesin listrik kekinian yang ramah lingkungan.

'Si Lebah Besi'

Pada beberapa pabrikan mobil seperti Jaguar dan Aston Martin sekarang ini menyediakan paket perangkat untuk mengubah mobil klasik menjadi bertenaga listrik.

Hal ini dilakukan agar pemiliknya masih bisa mengendarai mobil-mobil tersebut tanpa tersandung regulasi standar emisi gas buang.

Sayangnya, hal ini tidak diikuti oleh perusahaan pabrikan sepeda motor. Tapi jangan khawatir Sob, belum lama ini Motoveloci yang merupakan anak perusahaan Rimini telah menyediakan paket yang sama bernama “Retrokit”.

'Si Lebah Besi'

Perangkat tersebut mengubah Vespa klasik menjadi bertenaga listrik. Mengutip dari Motociclismo.it, Retrokit ini menggantikan mesin konvensional dan tangki bahan bakar ‘Si Lebah Besi’ klasik.

Tak banyak perubahan pada Vespa ini, roda dan rem masih menggunakan komponen bawaanya. Sedikit perubahan hanya pada penggantian klakson dan lampu.

Paket Retrokit ini berisi motor listrik dan baterai lithium seberat 6 kg berkapasitas 1,5 kWh dengan jarak tempuh maksimal 100 km. Pengisiannya juga tak terlalu lama, hanya 3 jam dengan socket standard 230 V.

Menariknya lagi, Retrokit tidak mengubah estetika klasik dari sebuah Vespa klasik. Artinya, tidak ada instrumen panel digital baru di setang. Namun, semua indikator dapat dilihat dari aplikasi smartphone yang terhubung ke unit kontrol melalui bluetooth

Motoveloci telah mengatur kecepatan maksimal Retrokit di 45 km/jam namun, bisa diubah menjadi 90 km/jam melalui aplikasi tersebut. Sayang sekali teknologi ini masih masih baru beredar di Italia, semoga saja bisa masuk ke Indonesia ya Sob.

Comments
Shares