SIM Internasional Online

SIM Internasional Online, Begini Cara Prosesnya

Korlantas Polri menggelar kegiatan peresmian pelayanan SIM Internasional Online di Gedung SIM Internasional Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Jumat (28/2/2020).

Dikutip dari NTMC Polri, peresmian dipimpin langsung oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dengan penandatanganan prasasti pengesahan.

Baca juga : Pelayanan SIM Internasional Online Resmi Diluncurkan

Dalam sambutannya, Kakorlantas Polri menyambut baik acara yang dilakukan oleh Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Dit Regident) dalam upaya pengembangan Regident mengemudi khususnya pelayanan SIM Internasional Online. Dimana layanan ini, sumber datanya terintegrasi dengan beberapa instansi pemerintah.

“Kita telah bekerja sama dengan Dukcapil, Imigrasi, Bank BRI yang men-support kerjasama untuk mewujudkan peningkatan pelayanan publik ini,” ujar Kakorlantas.

“Selain itu, DPR turut mengontrol dan memberi masukan tentang peningkatan pelayanan publik yang dari hari ke hari selalu kita tingkatkan terus untuk melayani masyarakat,” ujar Kakorlantas.

Adapun mekanisme penerbitan SIM Internasional sebagai berikut:

  1. Registrasi melalui website resmi Korlantas Polri, http://sim.korlantas.polri.go.id/sim-internasional, menggunakan perangkat HP atau PC dan pembayaran secara tunai di kasir yang telah disediakan. Biaya SIM baru Rp 250.000 sedangkan perpanjangan Rp 225.000.
  2. Pemohondiwajibkan datang ke Korlantas Polri untuk mengambil nomor urut antrian.
  3. VerifikasiSIM asli, Paspor asli, KTP asli dan KITAP asli khusus WNA.
  4. Identifikasimelalui foto, sidik jari dan tanda tangan elektronik.
  5. SIMinternasional sudah jadi dan berlaku 3 tahun dari mulai penerbitan.
Comments
Shares