Thursday, January 28, 2021

SIM Khusus Moge Belum Direalisasikan, Ternyata Ini Alasannya

Surat Izin Mengemudi (SIM) khusus pengguna motor gede (Moge) beberapa waktu lalu sempat santer diberitakan. Namun, hingga kini  SIM khusus Moge tersebut belum ada realisasinya di lapangan.

Seperti diketahui Sob, 2 tahun belakangan, sempat beredar wacana tentang klasifikasi SIM tipe C khusus sepeda motor. SIM ini akan diklasifikasikan sesuai dengan kapasitas mesin dari motor yang digunakan.

Mengacu pada Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi, pada pasal 7 disebutkan 3 klasifikasi SIM C. Rencananya SIM C akan diperuntukkan bagi pengguna sepeda motor dengan kapasitas mesin hingga 250 cc. Sedangkan SIM C1 untuk pengguna motor dengan kapasitas mesin 250 cc sampai dengan 500 cc. Ada juga SIM CII diperuntukkan bagi pengguna Moge dengan kapasitas mesin lebih dari 500 cc.

Baca Juga : Apa Itu ‘Smart SIM’? Ini Penjelasannya

Seolah sekedar wacana, rencana tersebut hingga kini tidak terdengar kembali. Padahal wacana tersebut hadir guna meminimalisir kecelakaan yang melibatkan pengguna Moge. Sepeda motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar tentunya dibutuhkan keahlian khusus untuk mengendarainya.

Mengutip dari Otospirit.com, Kasubdit Pengawalan dan Patroli Jalan Raya Korlantas Polri, Kombes Pol. Bambang Sentot Widodo mengungkapkan bahwasanya peraturan tersebut sebetulnya sudah ada namun terkendala dengan alat uji.

Latest Update