Sirkuit KymiRing Makin Siap Gelar MotoGP Finlandia 2020, Indonesia Makin Jauh!

Keuntungan sekitar 38 juta Euro, atau Rp 612 miliar dari gelaran MotoGP Valencia tahun lalu mungkin belum dilirik pemerintah Indonesia sebagai hal yang menguntungkan.

Tapi tidak dengan Finlandia. Yup, negara yang identik dengan es dan para legenda Formula 1 seperti Mika Hakkinen dan Kimi Raikonnen itu tengah bersiap dalam penyelesaian sirkuit KymiRing yang sudah mencapai 80 persen.

Trek tersebut akan memiliki layout sepanjang 4,5 km dengan 18 tikungan dan trek lurus sejauh 1,2 km ini. Rencananya, KymiRing menjadi tuan rumah MotoGP Finlandia mulai tahun 2020 dan dikontrak hingga 2024. Lha, Indonesia kapan? Hehehe..

Loading...


Sebagai permulaan, sesi tes dari sirkuit tersebut akan dilangsungkan antara Agustus dan September nanti lho Sobat Zonbie.

Tapio Nevala, President of the Finnish Motor Union (Setara IMI di Finlandia) mengatakan jika MotoGP akan membawa keuntungan finansial yang besar pada negaranya.

Semisal dari jumlah penonton di Valencia, Spanyol yang bisa membawa devisa bagi negara. “Jumlah penonton KymiRing MotoGP diperkirakan antara 100.000 dan 150.000 penonton. Misalnya, dampak keuangan langsung dari GP Valencia adalah Euro 38 juta, ”kata Nevala dikutip dari MotoGP.com.

Loading...


Selain itu, hadirnya MotoGP tentu membuat nama Finlandia di kancah balap dunia makin berkibar. Pasalnya MotoGP akan membuat para pebalap muda di sana makin mudah dalam berkompetisi di level internasional.