Sobat Zonbie Butuh Motor Untuk Touring? Perhatikan Hal Ini

Saat ini, touring, bikepacking maupun traveling dengan motor seolah menjadi kebutuhan warga kota untuk melepas kepenatan setelah sekian lama bekerja. Buat Sobat Zonbie yang belum punya motor, atau tengah mengincar motor untuk touring, ada baiknya memperhatikan hal berikut.

Kenyamanan

Dalam memilih motor touring, faktor kenyamanan tak bisa diabaikan. Maklum, perjalanan yang ditempuh bukan hanya dalam hitungan puluhan km, tapi bisa ratusan km tiap harinya.

Nah, untuk menunjang kenyamanan, yang pertama dilihat adalah ketinggian jok motor atau posisi mengendarai serta ergonomisnya. Semakin ergonomis, Sobat Zonbie akan merasa rileks saat berkendara dan lebih percaya diri saat mengendarai motor.

Performa Motor

Berkendara jarak jauh dan melintasi trek yang belum dikenal, ada baiknya motor yang Sobat Zonbie pilih memiliki performa yang baik. Tak perlu terlalu besar seperti moge, tapi disesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya, jika Sobat Zonbie ingin touring ke kawasan berbukit dan menanjak seperti Dieng, atau Bromo, maka pastikan motor mumpuni untuk menanjak. Selain itu, jangan over ekspektasi terhadap performa sebuah motor. Seperti penggunaan offroad ekstrim dengan mengandalkan motor dual purpose. Itu justru memberi masalah saat bertualang.

Volume Penyimpanan

Beberapa skuter berbodi bongsor seperti Yamaha NMax dan Honda PCX sudah dibekali dengan volume bagasi yang sangat luas. Namun tidak pada motor bertipe sport.

Solusinya, bisa memakai side box dan top box aftermarket, atau yang cukup simple, yakni tank bag. Tak jarang juga Sobat Zonbie mengandalkan tas punggung sebagai sarana penyimpanan kebutuhan harian saat touring.

Namun yang patut diperhatikan selain kapasitas adalah bobot tambahan yang diberikan pada motor. Pasalnya, penambahan bobot barang yang dimasukan pada box akan mempengaruhi handling.

Pun demikian dengan back pack alias tas punggung. Karena punggung dipaksa membawa beban, faktor kelelahan akan lebih cepat terjadi. Jadi ada baiknya perhatikan waktu berkendara dan jangan abaikan istirahat.

Harga

Harga motor menjadi pertimbangan terakhir setelah tiga faktor diatas. Ada baiknya Sobat Zonbie mencari tahu review sebuah motor terlebih dahulu dan mempertimbangkannya secara bijaksana. Selamat touring..

Comments
Shares