Sokbreker Depan Rusak, Ini Cara Deteksinya

Meski bukan termasuk komponen fast moving, tapi bukan berarti sokbreker depan itu nggak bisa rusak lho Sobat Zonbie. Selain handling motor yang nggak enak, ciri sok rusak bisa dilihat mata kok.

Seperti dikatakan oleh Ucok Marbun dari gerai ban dan oli Vidici Tire Shop di Jl. H. Asmawi No.23 Beji-Depok.

“Sil bocor bisa dideteksi dari oli yang nempel di slongsong. Kalau ada rembesan oli, sokbreker tersebut sudah rusak,” katanya.

Soal kerusakan sendiri, bisa disebabkan karena sil sokbreker bocor, atau as slongsong baret. Hal ini yang membuat oli di dalam sokbreker yang panas menguap dan keluar lewat celah tersebut.

Ini juga dikatakan oleh Slamet Kasianom, Senior Technical PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). “Ciri-ciri sok bocor pasti ada rembesan oli. Semua zat cair kalau sudah melewati temperatur titik uap, pasti akan menguap,” urainya.

Selain itu, sokbreker yang sudah rusak juga bisa dilihat dari tapak ban. “Kalau ban habis sebelah atau benjol, itu juga bisa jadi ciri sokbreker yang dipakai tak lagi bekerja optimal,” kata Ucok Marbun.

Nah, kalau sudah begini, lebih baik Sobat Zonbie menyervis sokbreker depannya. Mulai dari mengganti sil sok, kuras oli. Atau mengganti sekaligus satu set sokbreker depannya.

Comments
Shares