Sosialisasi Keselamatan Berkendara

Sosialisasi Keselamatan Berkendara, GCN Sambangi Base Camp Pengemudi Ojol

Komunitas pengguna Suzuki GSX 150 series, GSX Community Nusantara (GCN) melakukan sosialisasi keselamatan berkendara kepada pengemudi ojek online (Ojol).

Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi GCN, dalam keikutsertaannya pada ajang Safety Campaign Awards 2019 yang diadakan oleh Adira Insurance.

Sosialisasi Keselamatan Berkendara

Dalam kegiatan sosialisasi keselamatan berkendara ini, GCN menginformasikan kepada pengemudi Ojol untuk beristirahat jika lelah dan tidak memaksakan diri untuk tetap berkendara.

Berkendara dalam kondisi lelah atau mengantuk sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan di jalan raya. Berkendara dalam kondisi lelah juga melanggar aturan berlalu lintas dalam UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam pasal 106, Undang-undang tersebut mengatur “Pengemudi wajib berkendara dengan wajar dan penuh konsentrasi”.

Penjelasan penuh konsentrasi, adalah orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dengan penuh perhatian dan tidak terganggu perhatiannya karena sakit, lelah, mengantuk, menggunakan telepon, menonton televisi atau video yang terpasang di kendaraan, atau minum-minuman yang mengandung alkohol atau obat-obatan sehingga mempengaruhi kemampuan dalam mengemudikan kendaraan.

Dalam kegiatan ini, sebelumnya GCN mengundang para pengemudi Ojol untuk hadir berkumpul dan melakukan diskusi ringan. Namun tidak ada pengemudi Ojol yang datang dalam kesempatan tersebut. Tak habis akal, GCN akhirnya berangkat untuk kembali menyambangi lokasi para pengemudi Ojol berkumpul.

Dilokasi tersebut GCN memberi sosialisasi kepada para pengemudi Ojol yang sedang menunggu penumpang.

“Kami memilih untuk turun ke grassroot berbicara langsung dengan pejuang-pejuang jalanan. Dengan adanya kampanye ini kami berharap setiap pengendara motor, khususnya Ojek Online untuk tidak memaksakan diri ketika kelelahan atau diserang kantuk saat berkendara.” pungkas Rizki Pradana selaku Ketua Panitia.

Comments
Shares