Soto Mata Sapi Yang Bakal Bikin Nambah-Nambah

Indonesia memang hebat, negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa sehingga banyak menghasilkan berbagai macam budaya dan adat istiadat, tidak sampai disitu saja dalam urusan perutpun kita bisa dimanjakan dengan berbagai macam jenis makanan daerah. Contohnya soto.

Ada banyak soto yang memiliki cita rasa yang khas dari masing-masing daerah, tapi kali ini ada soto yang mungkin belum pernah merasakan atau mencicipinya yaitu Soto Mata. hemm terdengar ekstrem bukan?


Jika Sobat Zonbie suka makanan yang nikmat berbahan unik, maka layak mencoba soto mata sapi ini. Soto mata sapi ini dijual diseputaran daerah Bangkalan Madura dan Burneh Bangkalan, Jawa Timur. Eits, jangan dibayangkan soto dengan telur mata sapi ya, yang ini memang benar-benar menggunakan mata sapi yang utuh dan berbalut tulang.

Loading...


Soto Mata ini memang kuahnya berwarna merah karena menggunakan bahan dasar cabe merah halus dan bumbu khas soto Madura namun tidak menggunakan kunyit seperti pada soto pada umumnya.

Dimasak dengan bumbu pilihan dan rahasia lalu disajikan berkuah warna merah ditambah irisan daging serta topping jagung goreng marning, rasanya begitu lezat dan bikin nambah-nambah.

Loading...


Satu Porsi Soto mata terdiri dari mata sapi, daging dan usus yang direbus hingga 5 jam sehingga menghasilkan kuah kaldu soto yang kental, pada penyajiannaya mata sapi tidak diiris-iris namun disajikan utuh bola mata sapinya, namun kalau ingin diiris-iris tinggal minta sama penjualnya.

Apalagi ditambah sambal pedas yang paling terkenal soto mata sapi ini berada di Jl. Burneh Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Biasanya, dimakan dengan nasi atau lontong ketupat, ditambah dengan toge, jagung, kacang, irisan cabe rawit dan perasan jeruk purut. Hemm bikin ngiler aja nih, harganya juga tidak lebih dari Rp 20 ribu.

Loading...