SSFC Depok Gelar Seminar Bahaya Berkendara Di Bawah Umur

Suzuki Satria F150 Club (SSFC) Depok salah satu dari 10 komunitas/ klub finalis ajang Safety Campaign Award (SCA) 2017 melaksanakan kampanye safety riding Sabtu pekan lalu (25/11). Dengan audien para kaum perempuan, kegiatannya ini digelar dalam bentuk seminar di Gedung Aisyiyah Kota Depok yang mengusung tema “Bahaya Berkendara di Bawah Umur dan Sosialisasi Layanan Gawat Darurat 119”.

“Perempuan harus dijadikan tiang pertama, sebagai panutan dan sekaligus bisa memberikan pendidikan mengenai safety riding dalam keluarga dan lingkungannya,” ujar Bro Herry Bontot pembina SSFC Depok.

Dihadiri seratusan anggota KPPD (Komunitas Perempuan Peduli Depok ) serta para pasangan bikers, acara ini juga disaksikan Ipda Purwanto Kasubnit Dikyasa Satlantas Polres Depok serta Ketua KPPD Inawati, serta Ketua Umum SSFC Bro Hendy Ambriansyah.

Materi yang disampaikan makin menarik perhatian peserta dengan adanya pemaparan seputar safety riding, sharing masalah keselamatan di jalan serta perlunya safety gear oleh Yogie Baskoro selaku Instruktur Safety Riding dari Suzuki Indonesia dan Ipda Purwanto.

“Dari survey yang kami lakukan pada dua SMA di Depok, terlihat siswa yang tak memiliki SIM menggunakan kendaraan ke sekolah sudah sangat tinggi. Lebih dari setengah siswa naik sepeda motor ke sekolah mereka, ini ironis sekali, padahal mengendarai sepeda motor tanpa SIM adalah pelanggaran, pemahaman siswa terhadap safety riding juga minim,” ujar Bro Hendy.

Dalam kesempatan ini Yogie Baskoro menyoroti apa saja yang menjadi dampak dari terjadinya kecelakaan. Jika tidak safety riding, keselamatan pengendara terancam, misalnya luka-luka, cacat fisik sampai kematian, juga kerugian dalam bentuk materi.

Akhir dari seminar ini, peserta sepakat untuk tidak membiarkan anak anak berkendara sebelum berumur 17 tahun. Selalu usahakan antar anak untuk pergi kesekolah jika menggunakan kendaraan. Selanjutnya tanamkan kesadaran akan keselamatan berkendara pada anak. “Kami juga berusaha memviralkan tentang layanan 119, nomor penting yang pertama kali dihubungi saat terjadi kecelakaan,” tutup Bro Herry Bontot.

SCA merupakan program Corporate Social Responsibility yang bertajuk ‘I Wanna Get Home Safely!’(IWGHS) dari Adira Insurance, sebuah ajang apresiasi kepada para biker yang tergabung didalam komunitas/ klub se-Jadetabek yang aktif mengkampanyekan pentingnya menjaga keselamatan di jalan.

Comments
Shares