SSFC Korwil Ciledug

SSFC Korwil Ciledug Ajak Pengguna Jalan Stop Merokok Saat Berkendara

Fenomena merokok sambil berkendara utamanya bagi pengendara sepeda motor, masih banyak terjadi di jalan raya. Melihat hal ini, para bikers dari SSFC Korwil Ciledug tergugah untuk mengajak masyarakat menghentikan perilaku berbahaya tersebut.

SSFC Korwil Ciledug

Yups Sob, berkendara sepeda motor sambil merokok itu sangat berbahaya. Kegiatan ini akan mengganggu konsentrasi dari si pengendara itu sendiri dan bisa juga membahayakan pengendara lainnya disekitarnya. Abu dan bara dari rokok bisa mengenai pengendara lain tentunya dapat menyebabkan kecelakaan.

Melihat maraknya perilaku tersebut, para bikers dari SSFC Korwil Ciledug turun ke jalan. Dalam aksinya, para bikers ini membawa berbagai media yang memuat pesan tentang bahayanya merokok saat berkendara. Kegiatan ini digelar di perempatan Ciledug, Tangerang (9/11).

Dalam aksinya tersebut, bikers pengguna Suzuki Satria ini juga menegur dan mengingatkan pengendara yang kedapatan merokok saat berkendara. Aksi tersebut mendapatkan berbagai respon dari pelanggar tersebut, ada yang menyikapi dengan sadar kesalahannya ada juga yang cuek masa bodo. Uniknya bagi pelanggar yang sadar dan membuang rokok yang sedang dihisap saat berkendara, para bikers ini menukarnya dengan permen sebagai gantinya.

Aksi dari bikers Suzuki Satria F150 Ciledug tidak berhenti disitu Sob. Malamnya, mengajak bikers SSFC dari Korwil lainnya untuk mengikuti talkshow tentang bahaya merokok saat berkendara. Talkshow tersebut menghadirkan narasumber dari Kepolisian Lalu Lintas yaitu Briptu Satria SH dari Korlantas POLRI dan Tia Oktaviani S.Si.,Apt. Product Manager PT. Novell Pharmaceutical. Kedua narasumber juga menyammpaikan bahaya dari kegiatan merokok saat berkendara.

Sebagai catatan nih Sob, Kepolisian lalu lintas telah mengatur larangan merokok saat berkendara. Melalui Undang Undang No 22 tahun 2019 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), namun larangan merokok tidak secara jelas diungkapkan dalam pasal 106 ayat 1 UU tersebut. Pasal tersebut hanya menegaskan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Baru melalui PM No 12 tahun 2019 ini Pemerintah secara lugas memuat larangan merokok saat mengemudikan sepeda motor dijalan raya. Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 tahun 2019 tentang Pelindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Dalam Pasal 6 salah satu butir pasal tersebut berbunyi “Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktifitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor,” Peraturan Menteri Perhubungan tersebut mulai diterbitakan dan berlaku sejak 11 Maret 2019.

Aksi sosial kampanye keselamatan berkendara yang dilaksanakan oleh SSFC Ciledug ini merupakan bagian implementasi keikutsertaan SSFC Ciledug dalam ajang Safety Campaign Awards 2019. Dalam ajang ini, SSFC Ciledug masuk dalam 15 besar komunitas bikers yang akan dipilih konsep kampanye keselamatan berkendaranya yang terbaik.

Comments