Saturday, January 16, 2021

Surat Izin Penggunaan Sirine dan Strobo Pada Kendaraan Pribadi? Ini Kata Kombes Pol. Ipung Purnomo

Penggunaan sirine dan strobo pada kendaraan pribadi atau kendaraan yang tidak berhak menggunakannya, masih banyak terjadi.

Sirine dan Strobo

Umumnya sirine dan strobo digunakan oleh kendaraan pribadi dengan alasan tertentu, untuk meminta prioritas jalan atau untuk keperluan tertentu.

Tak sedikit penggunanya mengaku sudah memiliki ‘Surat Izin’ berkaitan dengan penggunaan alat tersebut.

Untuk hal tersebut, tim zonabikers.com pun mengkonfirmasi kebenarannya kepada Kombes Pol. Ipung Purnomo. Kepada tim zonabikers.com, Ipung menegaskan bahwa tidak ada surat izin yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian berkaitan dengan penggunaan sirine dan strobo pada kendaraan pribadi.

“Tidak ada, sejak saya masih aktif hingga saat ini tidak ada aturan Surat Izin yang berkaitan dengan penggunaan Sirine dan Strobo pada kendaraan pribadi. Baik dari Polsek, Polres hingga Polda dan yang lebih tinggi sekalipun tidak ada. Aturannya sudah jelas kendaraan pribadi bukan kendaraan yang memiliki hak penggunaan sirine juga strobo.” Tegas Ipung Purnomo

“Secara aturan pun sudah jelas karena tertuang pada Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Penggunaan lampu isyarat disertai sirine sesuai pasal 134 dan 135, boleh dipasang pada kendaraan yang mendapatkan hak utama.” Lanjutnya.

Latest Update