Suryanation Motorland Siapkan Proyek Virtual Reality Untuk 2019

Suryanation Motorland Jerman 8

Hari kedua Custombike Show di kota Bad Salzuflen, tim Suryanation Motorland berkunjung ke salah satu builder senior dari rumah modifikasi yang sudah didirikan sejak awal 1980-an di Jerman, Fred Kodlin Motorcycles.

Jelas sebuah kesempatan dan pengalaman berharga bagi peserta karena bisa berdiskusi langsung dengan salah satu builder senior di Eropa. “Sambutan yang diberikan pada saat kami berkunjung pun sangat luar biasa dan mereka tampak antusias berbagi pengalaman dan berdiskusi mengenai dunia custom,” ujar Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Commiittee.

Loading...


Ia menambahkan, menarik untuk melihat perjalanan Fred Kodlin yang membangun bisnis dari awal hingga menjadi sebuah perusahaan besar. Momen ini juga diharap bisa jadi pemacu bagi builder Indonesia untuk mulai mengembangkan bisnisnya sampai dengan ke luar negeri.

Fred Kohlin Motorcycles awalnya didirikan dengan nama Chopperschmiede. Sang pendiri, Fred Kodlin, awalnya menjalani magang sebagai tukang ledeng pemanas. Pada 1985 ia memperoleh sertifikat master craftsman sebagai ahli pandai besi dan mekanik roda dua.

Di awal 1990-an, ia memulai peruntungannya dengan memperluas cakupan bisnisnya sampai ke Amerika Serikat. Perjuangannya membesarkan bisnisnya mulai membuahkan hasil antara tahun 1986 dan 1994, dimana ia berhasil mengimpor sekitar 300 motor Harley-Davidson untuk mulai menjadi distributor di Jerman. Melihat adanya peluang yang terus berkembang ia mulai membuat rangka sepeda motor di rumah pada tahun 1998. Pada tahun 1999 rangka yang mereka buat mendapat sertifikasi oleh Asosiasi Inspeksi Teknis setempat dan ini membuat perusahaannya terus berkembang.

Loading...


Bimo Hendrawan salah satu juri Suryanation Motorland yang sudah lama mengenal dunia custom Eropa mengatakan, “Setiap builder dunia yang saya tahu pada saat mereka membuat motor yang terbilang extreme mereka tetap memperhatikan unsur keamanan, harus layak jalan dan juga mentaati regulasi yang ada. Ini bisa menjadi salah satu acuan bagi builder Indonesia ketika mereka membuat karya.”

Di dalam area workshopnya, tim Suryanation Motorland juga diajak untuk melihat langsung bagian dalam workshopnya yang sudah dilengkapi beberapa perangkat canggih untuk membuat motor custom, mulai dari mesin CNC sampai dengan mesin khusus untuk melakukan dyno test.

Loading...


Selepas kunjungannya ke Fred Kodlin Motorcycles, Suryanation Motorland pun mendapat ide luarbiasa untuk helatan Suryanation Motorland 2019. “Salah satu bocoran untuk pelaksanaan Suryanation Motorland 2019 adalah pengerjaan proyek Virtual Reality. Rencananya video ini akan diputar saat event Suryanation Motorland 2019 di setiap kota dan akan membuat pengunjung seakan akan merasakan sensasi kompetisi di acara Custombike Show,” tutup Rizky.