Suzuki Hayabusa 2021, Kembalinya Legenda Motor Terkencang Yang Pernah Dibuat

Suzuki Hayabusa 2021

Sejak 1999, Suzuki Hayabusa berhasil memikat para pecinta motor sport dengan tampilannya yang kekar, bodi besar, serta memiliki kapasitas mesin terbesar dan terkencang.

Hayabusa atau GSX1300R generasi pertama tersebut bisa melesat hingga ke kecepatan puncak 312 km/jam.

Peredaran Hayabusa di pasar Eropa sempat terkena ban atau larangan lantaran kecepatannya yang dianggap membayahakan atau melibihi regulasi kecepatan sepeda motor yang telah diatur pemerintah setempat.

Loading...


Baca Juga :

Suzuki Luncurkan Satria F150 2021

 

Suzuki Hayabusa 2021

Loading...


Pun demikian, banyak media dan motorcycle enthusiast mereview hyperbike tersebut. Setelah mereviewnya, mereka justru mengatakan bahwa Hayabusa adalah sebuah sepeda motor yang layak untuk dipertimbangkan.

Setelah dua dekate memegang predikat sebagai motor produksi masal tercepat yang pernah ada, pada 2018 Suzuki menghentikan produksi hyperbike Hayabusa. Salah satu alasannya karena tak lolosnya standar emisi Euro4 dan aturan lainnya yang diberlakukan di Eropa.

Sejak dihentikannya produksi Suzuki Hayabusa, pabrikan Jepang tersebut bekerja keras untuk menghadirkan kembali Hayabusa dengan beragam pembaruan, baik disektor desain, fitur hingga mesinnya.

Loading...


Suzuki Hayabusa 2021

Di tahun 2021, Suzuki pun mengabarkan akan segera merilis generasi terbaru Hayabusa dengan mengusung desain yang jauh lebih aerodinamis dan bertenaga. Rencananya All New Hayabusa 2021 akan resmi diperkenalkan oleh Suzuki pada 5 Februari 2021 mendatang.

Dari foto dan video yang beredar, Suzuki mendesain generasi terbaru Hayabusa dengan tetap mempertahankan garis dan lekukan bodi Hayabusa yang melegenda sebagai motor produksi masal terkencang yang pernah dibuat. Sehingga saat para motorcycle enthusiast melihatnya walau sekilas, akan langsung mengenali sosok motor yang dilihatnya adalah Suzuki Hayabusa.

Loading...


Suzuki Hayabusa 2021

Beberapa bagian bodi memang mendapat ubahan kecil karena tak mengubah garis desain dari generasi sebelumnya.

Pun demikian, ubahan kecil tersebut dipastikan akan memberi impak besar pada performa buas Hayabusa. Sebut saja ram air yang ada di sisi kiri dan kanan bagian depan yang akan mengarahkan udara segar ke box filter sebelum diteruskan ke masing-masing throttle body mesin 4 silindernya.

Loading...


Ubahan lainnya juga terlihat pada fairingnya. Lubang kisi-kisi udara dibuat berbeda dengan generasi sebelumnya. Lubang kisi-kisi aliran udara tersebut dibuat lebih panjang dengan bentuk yang juga berbeda dari dua generasi sebelumnya.

Dari segi teknis, bisa dipastikan ada beberapa penambahan fitur yang mampu mendukung kinerja mesin untuk menciptakan pengalaman berkendara yang jauh lebih menyenangkan. Sebut saja Quickshifter dengan Auto-Blipper yang membuat pengendara bisa mengoperasikan gigi transmisi tanpa perlu menarik tuas kopling.

Suzuki Hayabusa 2021

Loading...


Selain untuk mempermudah, fitur ini tentu akan memaksimalkan respon tenaga dan akselerasi dengan jeda waktu yang jauh lebih minim.

Selain itu ada juga upaya peningkatan sektor keamanan bagi pengendara seperti Traction Control dengan tingkatan penyesuaian yang lebih banyak, mapping power, anti wheelie dan beberapa fitur lainnya.

Untuk lebih lengkap dan jelas seperti apa spesifikasi teknolgi yang diusung Suzuki Hayabusa 2021, kita tunggu saja tanggal peluncurannya pada hari Jumat, 5 Februari 2021 besok.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here