Suzuki Nex II Makin Mirip Address, Ini Alasannya

Di artikel sebelumnya, Zonbie mengulas perbedaan Suzuki Nex generasi pertama dengan versi terbarunya Nex II. Dan kali ini, giliran detail sektor kaki-kaki dan mesin yang bakal kita beda Sobat Zonbie.

Baca Juga: Suzuki Nex II Berubah Total Demi Gaya

Ternyata, seperti judul di atas, Nex II kini mengandalkan sederet peranti yang merupakan common parts dari saudaranya, Suzuki Address. Ini artinya kedua skuter matik tersebut bisa saling subtitusi komponen.

Loading...


Seperti dijelaskan oleh Harsoyo, Technical Trainer PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W, yang Zonbie temui di Jakarta, Kamis (3/5). “Kaki-kaki, pelek dan ban memang punya Address,” urainya.

Ini artinya, tak ada lagi pelek palang tiga dengan kombinasi ban 70/90-14 dan 80/90-14. Sebagai gantinya, sepasang pelek palang lima dengan ban 80/90-14 dan 90/90-14 membuat penampilan Nex II lebih kekar. Sayangnya, bannya masih tube type, alias pakai ban dalam Sobat Zonbie.

Loading...


Subtitusi juga bisa dilakukan pada suspensi depan dan belakang Sobat Zonbie.

Selanjutnya dari sisi mesin. Secara kubikasi Nex II tetap 113 cc pun demikian dengan ukuran bore x stroke yang tetap 51 x 55,2 mm. Tenaganya juga masih 6,7 Kw/8.000 rpm dan torsi 8,5 Nm di 6.000 rpm.

Namun sektor injektornya kini dirombak dari 4 lubang menjadi 6 lubang seperti Address. Hasilnya, karakter penyaluran tenaga berubah.

Loading...


“Secara keseluruhan, ini mesinnya sama dengan mesin Address. Karakternya lebih smooth di bawah, atasnya tetap naik. Beda dengan Nex galak di awal, tapi di atasnya biasa saja,” ucapnya.

Loading...