Tuesday, January 26, 2021

Suzuki Patenkan Desain Generasi Terbaru Suzuki Hayabusa

Siapa yang tidak kenal dengan Suzuki Hayabusa, Sportbike ini sempat menjadi motor tercepat di dunia pada tahun 1999 dengan kecepatan maksimum 310 km/jam.

Pada tahun lalu, beredar kabar Suzuki Hayabusa disuntik mati. Hal itu, tak terlepas dari mesinnya yang tak sesuai dengan standar emisi gas buang di Eropa.

Suzuki Hayabusa

Ternyata, mengutip dari Bennetts.co.uk Suzuki tak benar-benar menghapus nama Hayabusa. Januari 2019 lalu, pabrikan asal Jepang itu mematenkan mesin baru, dan diduga kuat akan digunakan pada generasi terbaru dari Suzuki Hayabusa.

Pada dokumen yang beredar, memuat keterangan secara lengkap dari Hayabusa terbaru mulai dari bagian depan hingga belakang.

Sektor depannya tampak dihuni suspensi upside-down dengan setang clip-on. Komponen ini jelas mengindikasikan bahwa motor tersebut adalah sebuah sportbike.

Mesinnya terlihat sedikit berbeda dengan paten Januari 2019. Dapur pacu tersebut nampaknya masih akan menggunakan transmisi konvensional. Jantung penggerak ini tentu dikawinkan dengan knalpot yang lebih rendah emisi.

Menariknya, beredar rumor bahwa mesin baru Hayabusa nantinya juga memiliki varian transmisi semi-auto. Hanya saja, masih belum ada informasi lebih detail terkait isu tersebut.

Dikabarkan, Hayabusa terbaru ini akan menampakkan wujudnya pada tahun 2020 mendatang. Bisa jadi, sportbike legendaris tersebut dijual mulai 2021 di seluruh dunia. Menarik untuk ditunggu.

Latest Update