Suzuki Suntik Mati Dua Moge GSX, Termasuk Superbike Modern Pertama di Dunia

Kabar kurang sedap hadir dari pabrikan motor asal Jepang, Suzuki yang mengumumkan untuk mematikan dua produk dari keluarga GSX mereka, superbike GSX-R750 dan supersport GSX-R600.

Keduanya terpaksa dimatikan menyusul gagalnya kedua motor sport fairing tersebut memenuhi standar emisi Euro 4 di Jepang dan Eropa. Sementara Suzuki tak lagi berminat untuk menghadirkan penggantinya dalam waktu dekat ini.

Patut diingat, kematian GSX-R750 sendiri bakal jadi pukulan telak bagi penggemar berat Suzuki. Hal ini terkait historinya yang melegenda dan sangat berjasa.

Karena model yang lahir pada 1985 tersebut selain menjadi pembuka seluruh keluarga Suzuki GSX. Bahkan GSX-R750 didaulat sebagai superbike modern asal Jepang pertama di dunia.

Hal ini berkaca pada penggunaan sasis twin spar (deltabox) almunium, grafis balap dan mesin empat silinder yang sampai kini menjadi pakem superbike Jepang merek apa pun.

Sementara GSX-R600 memang belum pernah mendominasi ajang balap supersport. Namun tipe ini tetap digemari untuk menjadi pilihan antara produk supersport Jepang lainnya. Selamat tinggal Suzuki GSX-R750 dan GSX-R600.

Comments
Shares