Tahun Ini Mugello Milik Dovizioso dan Ducati

Andrea Dovizioso mengklaim kemenangan pertamanya pada MotoGP di depan fans tuan rumahnya di Mugello, Ahad.

Dalam prosesnya, pebalap pabrikan asal Italia itu menyerahkan Ducati pada kemenangan pertamanya di sirkuit sejak Casey Stoner di tahun 2009.

Dovi bahkan yang sempat sakit akibat keracunan makanan tidak mencatat hasil yang baik saat sesi latihan, namun dilap ke 14 ia mampu bersaing ketat dengan pebalap Movistar Yamaha Maverick Vinales

Vinales pada gilirannya hanya mampu bertahan diposisi kedua, sementara Danilo Petrucci tampil mengesankan, pebalap Pramac ini mampu melewati pemain senegaranya dan legenda Mugello, Valentino Rossi, untuk menempati posisi di podium.

Rossi, yang mengendarai dengan cedera dada dan perut akibat kecelakaan motorcross pekan lalu, berada di grup utama sepanjang balapan, namun menderita pada tahap penutupan hingga finish 1.3 detik  dibelakang Petrucci.

Sementara itu Pebalap Aspar Ducati Alvaro Bautista dapat mengungguli juara bertahan Marc Marquez diposisi kelima, pembalap Spanyol itu tidak pernah tampil baik di tikungan yang tajam namun setidaknya menghindari nasib rekan setim Repsol Honda Dani Pedrosa – yang jatuh di lap terakhir.

Pedrosa yang ingin menyalip untuk melewati Cal Crutchlow (LCR Honda) untuk posisi kesebelas, namun terjatuh di depan dan membawa keduanya keluar lintasan. The Englishman sempat kecewa atas kejadian ini.

Johann Zarco (Tek 3) dan Jorge Lorenzo (Ducati) finis di urutan ketujuh dan kedelapan – Lorenzo memudar setelah memainkan peran utama dalam putaran awal yang mendebarkan, di mana dia menyalip Rossi untuk memimpin balapan secara singkat.

Semetara pada klasemen sementara Vinales sekarang memegang keunggulan memimpin 26 poin, di atas saingan terdekatnya Dovizioso. Dan akan bersiap diri menuju babak Catalunya akhir pekan depan. (Reza Agis)