Tambah 45 Kamera ETLE Polisi Maksimalkan Tilang Elektronik Untuk Motor

Tambah 45 Kamera ETLE

Guna memaksimalkan sistem tilang elektronik untuk pengguna sepeda motor, Dirlantas Polda Metro Jaya dikabarkan akan tambah 45 kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menargetkan, pada Maret 2020 akan tambah 45 kamera ETLE untuk mengawasi pengendara motor di wilayah DKI Jakarta.

Baca juga : Merokok Saat Berkendara Akan Ditindak Lewat Tilang Elektronik

“ETLE memang kita rencanakan bulan Maret akan ada penambahan 45 kamera,” kata Sambodo, dikutip dari situs NTMC Polri.

Sebagai mana dikerahui, saat ini sudah ada 12 kamera ETLE yang dipasang untuk sistem tilang elektronik motor. Kamera tersebut terpasang di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin serta jalur Transjakarta koridor 6.

Dalam penambahan 45 kamera, Ditlantas Polda Metro Jaya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Seluruh kamera ETLE bisa menjadi 57 kamera. Nah, ini sebelum yang 45 itu kita adakan penindakan, tentu kita akan sosialisasikan kepada masyarakat sekaligus untuk uji coba kamera tersebut,” ucap Sambodo.

Sejauh ini, Sambodo mengklaim, ada angka penurunan pelanggaran dari minggu pertama hingga kedua penerapan sistem penilangan motor dengan ETLE

“Sebetulnya dalam angka sudah kelihatan efektivitas, 1 minggu pelanggaran bisa mencapai 800 pelanggar. Minggu pertama penindakan turun jadi 600 pelanggar. Minggu ke dua turun jadi turun 267 pelanggar artinya masyarakat tahu bawah ada ETLE,” ujar Sambodo.