Tanpa Beban Bunga, UMKM Minati Dana Bergulir Dari FIFGROUP

Untuk kali ke-6, FIFGROUP bersama Asuransi Astra telah menyalurkan dana bergulir bagi 250 UMKM yang berasal dari 5 kelurahan di wilayah kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, pada Jumat pekan lalu. UMKM yang merupakan masyarakat kategori Rumah Tangga Prasejahtera ini adalah 15 orang dari sebanyak 200 UMKM yang telah mendapat bantuan dana.

Dana bergulir berjumlah Rp 30 juta untuk 15 UMKM itu diserahkan oleh Chief Corporate Communication & EHSR FIFGROUP, Yulian Warman, SVP Corporate Secretary Asuransi Astra, dan Camat Cilandak, Tomy Fudihartono di kantor kecamatan Cilandak pada Jumat, (27/7).

Dana bergulir dari FIFGROUP pertama kali digulirkan pada tahun 2016 dengan sejumlah dana Rp 65 juta dan telah digunakan untuk mendukung bisnis kecil menengah yang dilakukan oleh 26 UMKM yang ada di wilayah Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.

Loading...


Yulian Warman menegaskan bahwa ini merupakan program FIFGROUP Peduli yang akan senantiasa dijalankan sesuai dengan misi kami. “Kami berharap dapat memberikan lebih banyak manfaat dan dampak positif bagi masyarakat. Di mana ada FIFGROUP, di situ FIFGROUP harus dapat memberikan manfaat bagi sekitarnya.” tegas Yulian.

Lebih lanjut Yulian mengatakan, meski dana bergulir untuk UMKM ini merupakan dana pinjaman atau hutang, namun FIFGROUP tidak membebaninya dengan bunga pinjaman. “Tidak ada bunga pada pinjaman ini. Namun kami mempersilahkan penerima dana mengembalikan semampunya atau Rp 200 ribu per bulan dari dana Rp 2 juta yang telah diterima mereka. Nantinya, pengembalian hutang itu akan diserahkan kepada UMKM atau calon penerima berikutnya,” tambah Yulian.

Dengan adanya program Corporate Social Resposibilty (CSR) tersebut, Dana Bergulir Rumah Tangga Prasejahtera FIFGROUP pun diminati peserta UMKM di daerah lainnya. Tercatat sudah ada UMKM daerah lain yang mulai dilirik oleh FIFGROUP. Antara lain Bogor, Bandung, Batam dan Ciganjur. Di wilayah Jakarta sendiri, FIFGROUP dan Asuransi Astra memiliki 81 UMKM binaan yang telah dibina secara rutin.

Loading...


Selain menyalurkan dana bergulir untuk pengembangan UMKM Rumah Tangga Prasejahtera, FIFGROUP juga secara rutin menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM binaan di seluruh wilayah operasional FIFGROUP. Selain itu, FIFGROUP juga membantu proses pemasaran dari setiap UMKM binaannya untuk memastikan keberlangsungan bisnis dari UMKM yang ada.

Loading...